TNI AU

Genab Usianya Ke-52, Muspusdirla Gelar Lomba Menulis Tingkat SMU

JAKARTA, KLIKTV.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya Ke 52 yang jatuh pada tanggal 4 April lalu, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala menggelar lomba menulis esay tingkat Sekolah Menengah Umum (SMU) Se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba menulis yang mengusung tema “Museum Dirgantara Mandala Kebanggaanku” tersebut bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY.

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho, S.S. dalam sambutan pengantar saat pembagian hadiah lomba di Monumen Perjuangan TNI AU, Ngoto, Senin, (19/4), mengatakan bahwa lomba menulis ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi dikalangan generasi melenial, yang kedepanya tidak hanya gemar membaca buku dan menulis saja, namun generasi melenial juga bisa mengkaji dan memberikan solusi.
Menurutnya, membaca buku dan menulis di kalangan generasi milenial masih sangat kurang, hal ini dipengerauhi oleh hadirnya gadget yang sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. “Alih -alih membaca buku dan menuliskan buah pikiran, generasi melenial justru lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget dan membaca status atau tulisan pengguna media sosial lain,” terang Kamuspusdirla.

Sementara Ketua Panitia Ahmadi Kurnia Jati (Edukator Muspusdirla) mengatakan, lomba penulisan esay ini diikuti sebanyak 52 siswa dari berbagai SMU Se-Kabupaten Kota yang ada di Yogyakarta, meliputi empat kabupaten yaitu Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunung Kidul.

Menurutnya, dimasa pandemi covid 19 ini, maka lomba tersebut pendaftarannya melelui online. Adapun tehnis pelaksanaan lomba dengan mengirim hasil karya tulis ke email panitia, yang selanjutnya dilaksanakan penjurian awal pada selasa, 13/4/2021, oleh Co Juri Ria Putri Palupijati (Pengingat Literasi Muda) dan penjurian final pada Sabtu, 17/4/2021, oleh tim yuri yang terdiri dari Kolonel Sus Yuto Nugroho, S.S. (Kamuspusdirla), Drs. Sutrisno, M.B.A. (Ketua MGMP Bahasa Indonesia Bantul), Sigit Budi Setiawan, M. Hum. (penulis), Papar Ketua Panitia.

Dari 52 peserta tersebut yang berhak memperoleh juara adalah, Zahrotun qurata Ayun dari SMAN 1 Yogyakarta sebagai juara 1, juara 2 diraih Salma Nur Aziza, dari SMAN 1 Yogykarta Dan Juara 3 yaitu Ulima Fauzia Elisa dari SMAN 1 Bambanglipura, Bantul. Sementara juara harapan 1 diraih Berlian aliya dari SMAN 1 Yogyakarta, Juara harapan 2 oleh Febriano Agung Nugroho dari SMAN 1 Bantul, serta juara Favorit 1 diraih Arifah Nurisnaini dari SMAN 1 Lendah Kulonprogo, dan juara Favorit 2 oleh Muhammad Faisal Hanif dari SMAN 1 Yogyakarta.@Red

Pos terkait