Pendidikan

Expo Vokasi SMK Hebat Dimeriahkan Pameran dan Bazar

 

 

MEDAN,KLIK7TV.CO.ID –¬†Sekira 5.000 pengunjung akan meramaikan Expo Vokasi Parade Bulan Merdeka Belajar bersama Kamar Dagang Industri (Kadin), Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan SMK Hebat di Gedung Serbaguna Jalan Willem Iskandar 22 – 23 Mei 2023.

 

Kepala Dinas Pendidikan Provsu Dr Asren Nasution MA melalui Kabid Pembinaan SMK Disdik Dr Suhendri MA kepada wartawan, Jumat (19/5/2023) menjelaskan, acara diawali upacara Harkitnas dan Hardiknas 2023 dipimpin Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

 

Kemudian pemotongan pita pembukaan Expo Vokasi bersama Forkopimda, perwakilan Kemendikbud Ristek, perwakilan Kemenaker, MKKS SMA/SMK dan penyerahan mobil 15 unit mobil dinas kepada kepala sekolah inspiratif, 6 unit mobil kepada SMA, 6 unit mobil kepada SMK dan 3 unit mobil kepada SLB.

 

Rangkaian kegiatan antara lain, Pameran DUDI, Bazar UMKM Lokal, Job Fair, Pameran Pendidikan, Pendampingan Dunia Kerja, Service Gratis/Diskon, Pentas Kreasi, Pemeriksaan Kesehatan, Seminar Menghadapi Dunia Kerja.

 

Suhendri menambahkan, guna mengantisipasi pengangguran terbuka lulusan SMK maka Disdik Provsu mengundang guru tamu dari praktisi DUDI yang masuk ke sekolah mengajar siswa apa keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja, meningkatkan kompetensi dan softskill siswa.

 

“Kehadiran guru industri masuk sekolah akan meminalisir jurang pemisah antara DUDI dan lulusan siswa SMK. Harapannya, link and match dalam menyelaraskan kurikulum di sekolah dan kurikulum vokasi dengan DUDI akan tersambung, sehingga begitu tamat sekolah anak didik akan sangat mudah diterima bekerja,” paparnya.

 

Disdik Provsu juga melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin). Artinya, siswa diberikan kesempatan magang industri guna mendapatkan sertifikasi kompetensi keahlian DUDI bagi peserta didik maupun guru.

 

“Jika siswa tidak dapat langsung direkrut karena kuota terbatas di perusahaan dari DUDI maka anak didik dapat diarahkan menjadi wirausaha atau membuka lapangan kerja mandiri dari bekal keterampilan yang telah dimiliki dari magang industri,” katanya.

 

Untuk itu, Expo Vokasi ini diharapkan akan adanya orang tua asuh industri, sehingga mereka setelah tamat sekolah bisa direkrut profesional oleh DUDI dan berharap agar angka pengangguran terbuka alumni SMA dan SMK dapat diminimalkan kedepannya.

 

Expo Vokasi ini juga didukung 2.000 siswa di Cabang Dinas Wilayah 1 (Medan РDeliserdang), Cabang Dinas Wilayah 2 (Binjai РLangkat) dan  lainnya. Peserta DUDI berjumlah 100 perusahaan lebih berpartisipasi di even tersebut.

 

Suhendri juga mengatakan, pemberian mobil kepada kepala sekolah inspiratif tahun 2022 diharapkan meningkatkan kinerja yang mendukung pembangunan gerak langkah pendidikan Sumatera Utara. (mp)

Pos terkait