DaerahHeadnews

Dapat Bantuan Program TKM, Usaha Roti Fery Herdiana Naik Keuntungannya Jadi 50 %

Bandung, KLIK7TV.CO.ID – Fery Herdiana (43 tahun) warga Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), bersyukur dan bangga bisa memiliki usaha dengan usaha pembuatan roti dan kue yang ia geluti sejak 2018 lalu.

Usaha pembuatan roti dan kue dengan nama “Abee Bakery” ini, dikerjakan oleh ia dan istrinya serta kadang dibantu anaknya jika mendapat pesanan jumlah yang lumayan.

“Sebelum punya usaha sendiri, saya ikut adik saya yang punya usaha pembuatan roti. Saya telah bekerja di Mini Market Superindo selama 15 tahun dan memutuskan untuk buka usaha karena sudah bosan bekerja” ungkap Fery Herdiana kepada Klik7tv di tempat usahanya di Kota Bandung, Jawa Barat baru – baru ini.

Fery mengungkapkan, dari pesangon yang ia dapatkan dari hasil kerja, ia membuka usaha pembuatan roti dan kue dengan modal Rp 10 juta – Rp 15 juta.

Pada masa Pandemi Covid-19 kata Fery, usaha roti dan kuenya mengalami penurunan omzet, tapi ia mengaku lumayan usahanya masih bisa bertahan. “Waktu kondisi normal punya 2 sampai 3 tempat untuk memasarkan roti dan beragam kue, ketika Pandemi Covid-19 tinggal 1 tempat, pemasaran kebanyakan lewat online,” tutur Fery.

“Waktu kondisi normal Keuntungan usaha 30 – 40 persen, pangsa pasar ke ibu ibu. Pemasaran ke kantin, ke pasar, pas Covid-19 berhenti semua, ada sembilan kantin sekolah yang menjadi langganan kami, banyak permintaan dari sekolah,” imbuhnya.

Kondisi perekonomian Fery dan keluarganya jauh lebih baik, ketika Fery menjalankan program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dari Direktorat Bina Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan dan Perluasan Kerja (BBPPK) Lembang.

Fery mengungkapkan, ia menerima informasi program TKM dari teman ngaji dan teman ngaji tersebut mendapat informasi anggota DPR RI.

Ia dan temannya dalam satu grup pada tahun 2021 lalu mendapatkan program TKM pemula dari BBPPK Lembang. Dari program itu ia dan temannya mendapatkan ilmu dan pelatihan mengenai manajemen menjalankan usaha dari BBPPK Lembang. Selesai pelatihan, ia dan temannya dengan nama kelompok “Nuansa” sebanyak 12 orang mendapat modal usaha Rp 24 juta.

“Lumayan setelah dibagi rata, saya dapat modal usaha Rp 1,5 juta. Langsung saya belikan blender dan alat buat ngepress minuman untuk usaha jus dan Pop ice,” tutur bapak yang mempunyai 3 anak ini.

Tidak lama kemudian, pada 2022 Fery mengikuti program TKM lanjutan selama 3 hari dari BBPPK Lembang. Ia mendapatkan pelatihan pembukuan, keuangan, manajemen dan lainnya. Dari program TKM lanjutan ini, ia mendapatkan bantuan usaha Rp 15 juta dari Kemnaker.

“Dari bantuan usaha ini, saya beli open deck ukuran besar untuk panggang roti dan kue. Lalu saya beli Mixer kapasitas 10 liter untuk buat adonan bolu. Dulu saya pakai Mixer kecil tapi cepat jebol karena buat beberapa adonan roti dan kue,” ujar Fery.

Ia bersyukur dari bantuan usaha TKM lanjutan ini, keuntungan usaha roti dan kuenya naik menjadi 50 persen. “Alhamdulillah, bersyukur mendapat bantuan usaha TKM lanjutan ini. Kerja lebih efisien dan efektif, produktivitas meningkat. Kami berharap ada tambahan bantuan usaha lagi,” ucap Hery. (ARMAN R)

Related Posts