TNI AU

Danlanud SIM lepas peserta Rata 5 Merdeka Adventure.

ACEH BESAR, KLIK7TV.CO.ID – Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, S.Sos melepas peserta Trail Rata 5 Merdeka Adventure yang digelar Pemkab Aceh Besar.Sabtu (09/09/23).

Kegiatan Rata 5 Merdeka Adventure Start dimulai dari Lanud Sultan Iskandar Muda Kecamatan Blang Bintang yang diikuti oleh ratusan trailer dari berbagai club di Provinsi Aceh dengan menempuh jarak sepanjang 78 km dan finish di Taman Sari Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar.

Di sela-sela persiapan trail Danlanud SIM mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke 78, ajang silaturrahmi antara stakeholders dengan komunitas trail dan juga sebagai promosi wisata Alam Aceh Besar, Intinya kita Bersatu, Aceh Damai pembangunan akan Sukses.

Ketua Pelaksana RATA 5 Kadispora Abes Abdullah, S.Sos juga menyampaikan, RATA 5 menyediakan dua jalur, pertama jalur exekutif dan jalur khusus, Ada hadiah menarik dalam kegiatan Rata 5 Merdeka Adventure ini, yakni hadiah utama paket untuk Umrah, Sepeda Motor dan banyak hadiah menarik lainnya yang di sediakan oleh panitia, dengan undian doorprize, kemudian di finish nantinya akan ada Tanjakan Pj, bagi peserta trail yang mampu melaluinya juga mendapatkan hadiah khusus dari panitia.

Peserta yang mengikuti jalur exekutif yaitu Pj Bupati Abes Muhammad Iswanto, Danlanud SIM Kol Pnb Yoyon Kuscahyono, Dirsamapta Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar SH, Danlanud Maimun Saleh Sabang Letkol Pnb Fahrur Rozi, Para Kadis Lanud SIM dan unsur Forkopimda Aceh Besar.Sesampainya di Maheng Aceh Besar, para trailer menikmati makan siang bersama, tepat di bawah kaki Gunong Seulawah yang indah. Selanjutnya, peserta juga melintasi kawasan Waduk Keuliling yang merupakan obyek wisata alam di Aceh Besar.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengungkapkan apresiasi kepada Forkopimda, OPD dan semua pihak yang telah mendukung event trail RATA 5, ini merupakan kesempatan besar bagi kami untuk mengenalkan potensi alam Aceh Besar yang terkadang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luar,” Start dari Lanud Sultan Iskandar Muda melewati jalur hutan HTI menuju Kebun Kurma Barbate dan melanjutkan perjalanan menuju bukit maheng Aceh Besar untuk istirahat.

jalur dari Maheng pserta RATA akan menyusuri jalur enduro, dimana ditrack itu ada beberapa tanjakan tinggi dan jalur berbatuan serta sungai yang harus dilewati oleh peserta. Dipastikan membutuhkan stamina yang cukup untuk menaklukan medan tersebut.

“Kalau tadi kan jalurnya kita open gas, artinya track lurus dan panjang, juga melalui perkampungan sampai di Maheng, usai dari situ, peserta dihadapkan dengan jalur enduro, banyak tantangannya, makanya kita sempatkan istirahat di Maheng tadi pukul 11.30 wib,” terang Iswanto.

Menurutnya, banyak kawasan Aceh Besar yang memiliki potensi wisata yang tersembunyi, sebagian rider yang ikut serta di RATA-5 memang sudah familiar dengan lokasi-lokasi itu, karena memang lokasi tersebut merupakan track para rider untuk menjelajah alam dengan kuda besi.

“Bagi sebagian peserta itu sudah familiar, karena track ini merupakan track langganan para rider yang menjelajah alam Aceh Besar dengan trail, namun, tetap saja keindahan alam Aceh Besar sulit untuk dilupakan,” pungkas Iswanto.@Red

Related Posts