TNI AL

Danlantamal IX Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat Melalui Program Kali Bersih

AMBON, KLIK7TV.CO.ID – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T. M.Tr. Opsla mengajak masyarakat melaksanakan bersih-bersih sampah di Kali Way Ruhu Hative Kecil Desa Hative Kecil Kec. Baguala Kota Ambon, Selasa (5/09/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, diikuti oleh Prajurit Lantamal IX bersama instansi pemerintah, TNI-Polri, swasta, komunitas pencinta lingkungan dan komponen masyarakat. Kegiatan karya bhakti Program Kali Bersih (Prokasih) diadakan di Kali Way Ruhu Hative Kecil Desa Hative Kecil Kec. Baguala Kota Ambon.

Kegiatan Prokasih dilaksanakan serentak oleh jajaran TNI Angkatan Laut, diawali video conference Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla, dihadiri pejabat utama Mabes TNI AL dan para tamu undangan lainnya.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penekanan tombol pembukaan Program Kali Bersih Nasional oleh Kasal, dilanjutkan penyerahan alat kebersihan secara simbolis pimpinan satuan TNI AL di daerah, termasuk oleh Danlantamal IX yang diwakili Wadan Lantamal IX dan Kapok Sahli Pangdam XVI/PTM diteruskan dengan peninjauan lokasi dan pengambilan sampah dari sungai oleh seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan prokasih.

Kegiatan prokasih merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Ke-78 yang jatuh pada tanggal 10 September Tahun 2023.

Dalam sambutannya, Danlantamal IX menyampaikan bahwa bersih-bersih kali merupakan salah satu upaya penyelamatan bumi dari pemanasan global yang terjadi saat ini. Harapannya kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan oleh seluruh masyarakat, yang terpenting adalah harus tertanam kesadaran dalam diri masyarakat Maluku untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

“Jangan membuang sampah sembarangan, sungai bukanlah tempat pembuangan sampah. Mari bersama-sama menjadikan diri sebagai penggiat kebersihan, menjaga sungai dan laut dari sampah guna menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita,” Brigjen Said Latuconsina.@Red

Related Posts