TNI AL

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA HUT KE-78 TNI AL TAHUN 2023

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri upacara dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI Angkatan Laut tahun 2023 dengan Inspektur Upacara (Irup) Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandi Kurniawan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kasad Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. bertempat di dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Senin (11/09/2023).

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan “Selama 78 tahun, TNI Angkatan Laut telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan di seluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran internasional. Dalam pengabdiannya, TNI Angkatan Laut telah mampu menghadapi berbagai konflik dan krisis dengan penuh keberanian. TNI Angkatan Laut juga secara aktif terlibat dalam berbagai operasi kemanusiaan di dalam dan luar negeri. Pada level regional, TNI Angkatan Laut memiliki peran sentral dalam menjaga stabilitas maritim di kawasan. Selain itu, kontribusi nyata TNI Angkatan Laut dalam misi operasi pemeliharaan perdamaian (MOPP) dunia telah mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang tinggi dari dunia internasional”.

Selanjutnya Panglima TNI menjelaskan “Semua pencapaian tersebut merupakan rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus buah dari upaya kerja keras dan pengabdian yang tinggi dari seluruh prajurit serta dukungan yang tulus dari segenap keluarga besar TNI Angkatan Laut. Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta keluarga besar TNI Angkatan Laut, atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas dan dukungan yang telah kalian persembahkan selama ini. Sebagai generasi penerus TNI Angkatan Laut maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian dalam meneruskan, mempertahankan, dan meningkatkan tradisi kejayaan TNI Angkatan Laut sebagai mana telah dicontohkan oleh para pendahulu kita”.

Sebelum mengakhiri amanatnya Panglima TNI menegaskan “Sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kalian harus selalu siap menjalankan tugas mulia yang diamanahkan kepada TNI Angkatan Laut. Jaga selalu marwah dan kehormatan prajurit Jalasena Samudera, dengan selalu menjaga profesionalisme dan ketangguhan kalian dalam bertugas. Jadilah prajurit Jalasena Samudera yang selalu dicintai rakyat dan mencintai rakyat. Ingatlah, menjadi prajurit Jalasena Samudera merupakan panggilan jiwa untuk berbakti kepada bangsa dan negara di jalan pengabdian yang penuh dengan kebanggaan dan kehormatan”.

Pada upacara HUT ke-78 TNI Angkatan Laut tahun 2023 ini, dua Lanal jajaran Lantamal III Jakarta mendapatkan predikat juara 1 dan 2 Lanal Teladan, yaitu Lanal Bangka Belitung sebagai juara 1 Lanal Teladan dan Lanal Cirebon sebagai juara 2 Lanal Teladan.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Related Posts