TNI AL

Combined Maritime Forces Kunjungi Markas TNI AL, Ini yang Dibicarakan

JAKARTA,KLIK7TV.CO.ID – Wakil Komandan Combined Maritime Forces (CMF) Commodore Philip Edward Dennis, melaksanakan kunjungan kehormatan di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur untuk membicarakan sejumlah hal strategis. Pada kedatangannya di Mabesal, CMF diterima oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, Selasa (15/08) lalu.

CMF merupakan organisasi Internasional beranggotakan 38 negara diantaranya Amerika, Belanda, Turki, Inggris, dan Jepang, yang memiliki tugas utama untuk menyediakan keamanan di Area of Operation CMF yaitu di wilayah Laut Merah, Teluk Aden, Teluk Arab dan Samudera Hindia.

Dalam pertemuan ini, Commodore Philip Edward Dennis menyampaikan undangan untuk Indonesia dapat bergabung menjadi anggota permanen dalam CMF dimana beranggotakan sejumlah negara-negara besar di kawasan.

Selain itu juga dibicarakan sejumlah kerjasama dalam pelaksanaan tugas patroli, pengiriman staf (Nation Liason Officer) di markas komando CMF yang berlokasi di Bahrain, hingga kerjasama pada bidang latihan serta pendidikan.

Senada dengan itu, Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo selaku perwakilan TNI AL merespon positif tawaran tersebut. “TNI AL menyambut positif tawaran dari CMF, dan akan menantikan surat undangan resmi kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali. Tentunya hal tersebut akan disesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri RI dan Mabes TNI”, ungkap Waasops Kasal.

Pada kesempatan terpisah, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan komitmentnya untuk terus meningkatkan peran diplomasi dan kerjasama dalam mempererat mutual cooperation guna menjaga stabilitas keamanan kawasan, dimana hal tersebut merupakan salah satu program prioritas dari TNI AL saat ini.

Related Posts