TNI AU

Bahas Pengembangan PTTA, Pasis Seskoau Angkatan Ke-59 Selenggarakan Lokakarya

LEMBANG. KLIK7TV.CO.ID .  Semakin populernya Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) sebagai solusi dalam penugasan dan pertahanan wilayah udara, Pasis Seskoau Angkatan Ke-59 TP 2022 menyelenggarakan Lokakarya dalam rangka membahas proses pengembangan PTTA di Grha Widya Dirgantara, Seskoau, Lembang, Bandung Barat. Kamis. (6/10/2022).

Danseskoau Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P., saat membuka lokakarya mengatakan bahwa penggunaan PTTA menjadi dominan karena kemampuannya dalam menjalankan misi dull, dirty, and dangerous yang tidak aman dilakukan oleh manusia.

Saat ini, lanjutnya, keberadaan PTTA di Indonesia masih merintis untuk dikembangkan sebagai operasional pertahanan negara dan memiliki kemampuan yang handal. Tentunya hal ini harus didukung institusi penelitian dan pengembangan, maupun industri yang diharapkan mampu mengembangkan PTTA yang dapat memenuhi kebutuhan operasional TNI.

“Indonesia perlu melakukan percepatan penguasaan teknologi dan industri PTTA, terutama berbasis sistem datalink komunikasi satelit,” ujarnya.

Melalui lokakarya yang bertemakan “Diseminasi Proses Pengembangan Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Berbasis Komunikasi Satelit Untuk Pertahanan Negara”, Danseskoau berharap dapat memecahkan masalah dan menemukan solusi dalam proses pengembangan PTTA melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif, sehingga menjadi sumbangan pemikiran yang bernilai strategis bagi pimpinan dalam menentukan kebijakan kedepannya.

Dalam kegiatan lokakarya ini menghadirkan narasumber Kapuslitbang Balitbang Kemhan RI Marsma TNI R. Bambang Ismiyadi, S.T., Pahli Bidang Khusus Dislitbangau Kolonel Tek Rudito Dwi Wibowo, Kapus Riset Teknologi Penerbangan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Fadilah Hasim B., Eng., M.Sc., Kepala Program UAV PT. Dirgantara Indonesia Dipl.-Ing Bona P. Fitrikananda, Senior Vice President Engineering and Project Planning PT. Len Industri Billy Barokah, S.T., dan moderator Ayu Wulandari dari TVRI Jawa Barat.@Red

 

Related Posts