TNI AD

Apel Siapsiaga Karhutla dan Pembukaan Perlombaan Kampung Tangguh kab. Tapteng – 2021.

TAPTENG, KLIK7TV.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah mengadakan Apel kesiapsiagaan Karhutla dan Pembukaan Perlombaan Kampung Tangguh tahun 2021di lapangan Apel Polres Tapteng Jln. Jenderal Feisal Tanjung Kel. Pasar Baru Kec. Pandan Kab. Tapteng, Kamis 8/04 – 2021pukul 09.15 s/d 09.40 wib.

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH melalui Kasubbag Humas Polres Tapanuli Tengah AKP. H. Gurning mengatakan kepada awak media : kegiatan Apel dipimpin Bupati Tapteng Baktiar Ahmad Sibarani diWakili Wakil Bupati Kab. Tapteng an. Darwin Sitompul dihadiri oleh :
1. Dandim 0211/TT an. Dadang Alex, S.Sos.
2. Dandenpom 1/2 Sibolga an. Letkol Cpm Hasanuddin Siagian.
3. Danlanal Sibolga an. Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare.
4. Dansatrad 234/Sibolga diwakili oleh Kasi Dallat Satrad 234/Sibolga an. Kapten Lek Wahyadi.
5. Kapolres Tapteng an. AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH., S.I.K., MH.
6. Asisten III/Plt. Kadis Pertanian Kab. Tapteng an. Drs Herman Suwito.
7. Kasatpol PP Kab. Tapteng an. Jontriman Sitinjak.
8. Kadis Perhubungan Kab. Tapteng an. Jonnedi Marbun, S.Pd.
9. Kalaksa BPBD Kab. Tapteng an. Safaruddin Ananda Nasution, S.STP MM.
10. Perwakilan dari PT. Nauli Sawit, PT. TAS, PT. CPA dan PT. Gaharu Mas.

Dalam Apel Kesiapsiagaan tersebut Wakil Bupati Tapteng membacakan amanat Bupati Tapteng, Antara lain :
1. Karhutla menjadi permasalahan yang sangat serius sehingga mendapat pantauan langsung dari presiden RI dan bahkan dunia, dalam Rakornas Karhutla di istana negara Presiden Jokowi telah mengingatkan kepada jajarannya termasuk kepala daerah serta pimpinan satuan TNI-Polri untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

2. Yang hadir saat ini agar bersama-sama berkomitmen dalam kesiapsiagaan Karhutla. Upaya pencegahan harus terkoordinasi dan terkonsolidasi hingga ke tingkat lapangan, selain dengan memanfaatkan instrumen teknologi juga harus memiliki infrastruktur sampai tingkat bawah karena kita punya Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Desa yang dapat melakukan pemantauan langsung di tingkat lapangan sehingga tidak ada aktifitas pembakaran lahan lagi di daerah kita yang dilakukan masyarakat maupun perusahaan.

3. Pada saat ini juga sekaligus dilakukan pembukaan perlombaan kampung tangguh di wilayah kab. Tapteng tahun 2021. Kampung tangguh merupakan upaya menciptakan satuan terkecil berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong-royong memanfaatkan kearifan lokal yang akan membantu masyarakat dalam melaksanakan edukasi protokol kesehatan sehingga kebersamaan akan menciptakan empathy building dan sosial building dalam memutus rantai Covid-19.

4. Kampung tangguh akan mendorong masyarakat untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menangkal pandemi virus berbahaya dimulai dengan pemenuhan kebutuhan secara mandiri oleh masyarakat berupa penyediaan ruang isolasi, Posko kesehatan, dapur umum, hingga lumbung pangan yang dapat dimanfaatkan secara bersama-sama sehingga dapat menguatkan silaturrahmi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Saya yakin dari 215 desa dan 56 kelurahan yang ada di Kab. Tapteng saat ini akan tumbuh dan berkembang menjadi kabupaten yang tangguh. Tutupnya. @(an)

Pos terkait