TNI AL

Admiral Inspection” Tandai Pergantian Panglima Komando Armada I

JALARTA, KLIKTV.CO.ID – Jelang Sertijab Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M., dan calon penggantinya, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. melakukan inspeksi kapal-kapal perang (Admiral Inspection) yang sedang sandar di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara dengan menggunakan KAL Antares, Jumat (6/8/2021).

Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI Angkatan Laut untuk terakhir kalinya, sebelum tongkat komando kepemimpinan diserahterimakan.

Menurut Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M., Fleet Inspection merupakan tradisi jelang pergantian jabatan Panglima Komando Armada,

“Untuk melihat kesiapan seluruh kapal yang sedang standby di pangkalan, maupun yang siap digerakkan setiap saat oleh panglima baru. Hingga saat serah terima, semua sudah clear. Dan panglima baru sudah siap melaksanakan tugas kedepan,” ujarnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit KRI, baik yang hadir hari ini maupun yang sedang beroperasi di seluruh perairan yurisdiksi nasional atas kinerja dan hasil kerja yang telah ditunjukkan dengan baik dan sukses. Selaku Panglima Koarmada I, saya merasa bangga kepada kalian semua. Karena selama ini telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme yang luar biasa,” tambahnya.

“Saya berharap agar seluruh prajurit Koarmada I, untuk memberikan dukungan yang sama kepada Panglima Koarmada I yang baru, yaitu Laksda TNI Arsyad Abdullah. Dengan tetap mengedepankan profesionalisme, yang didukung dedikasi serta loyalitas yang tinggi semoga Koarmada I akan lebih maju dan berkembang dengan kepemimpinan beliau” tegasnya.

Usai Admiral Inspection, agenda kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan memorandum yang dihelat di Gedung Supomo Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung. Pada kesempatan tersebut Pangkoarmada I menjelaskan beberapa hal tentang tugas yang telah, sedang dan akan dilaksanakan Koarmada I, serta beberapa kegiatan yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi pejabat baru.

Pangkoarmada I juga menyampaikan tentang capaian tugas Koarmada I selama masa jabatannya yang meliputi bidang Intelijen, bidang Operasi & Latihan, bidang Personel, bidang Logistik, bidang Perencanaan & Anggaran, bidang Potensi Maritim, serta bidang Pengawasan & Pemeriksaan.
Disamping itu, Pangkoarmada I juga menjelaskan operasi-operasi yang dilaksanakan jajaran Koarmada I baik operasi di bawah kendali Mabes TNI maupun Mabes TNI AL, serta hasil yang dicapai dalam penanganan Covid-19 dan Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakn oleh Koarmada I.

Pelaksanaan Upacara Sertijab Pangkoarmada I rencananya akan dilangsungkan di Markas Besar Angkatan Laut, Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2021, dengan Inspektur Upacara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Acara pembacaan Memorandum Serah Terima Jabatan Pangkoarmada I yang dilaksnakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pada masa Pandemi Covid-19 dihadiri oleh Kaskoarmada I Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, Komandan Lantamal III, para Asisten Pangkoarmada I, serta perwakilan Kasatker Koarmada I@Red

Related Posts