TNI AD

69 Tahun Kopassus: Adaptif Terhadap Teknologi, Kuatkan Akar Jatidiri

Upacara HUT ke-69 Kopassus, Presiden Joko Widodo memberikan pesan dan ucapan selamat ulang tahun kepada Kopassus secara virtual. (Kliktv7/AFI)

JAKARTA , Kliktv7.co.id – “Tantangan dan dinamika tugas yang dihadapi ke depan tidak semakin mudah. Kopassus dituntut untuk selalu adaptif, mengembangkan kemampuannya di berbagai bidang, untuk menjawab panggilan tugas dan kepercayaan yang diberikan”

Hal tersebut dikatakan oleh Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Mohamad Hasan, selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) .secara virtual diikuti seluruh jajaran Kopassus bertempat di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta. Jumat 16 April.

Salah satu adaptif yang dilakukan oleh Kopassus adalah, mengembangkan kemampuan perang siber dab hibrida, di tengah perkembangan teknologi informasi global saat ini. Dikatakan olehnya, Selain terus mengembangkan kemampuan perang teknik dan taktik pertempuran darat, Kopassus juga mengembangkan kemampuan perang siber dan hibrida.

“Kopassus selalu meng-update dan menyesuaikan diri dengan perkembangan situasi yang terjadi. Kami memiliki kemampuan-kemampuan khusus. Kemampua khusu tersebut kami tingkatkan dengan menggunakan teknologi,” jelas Danjen Kopassus.

Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan saat menginspeksi pasukan peserta upacara. (Kliktv7/AFI)

Kendati demikian, lanjutnya, Kopassus tidak melupakan kemampuan tempur dan ciri khas yang dimiliki. Sebaliknya, akar jatidiri yang dimiliki terus dijaga dan diperkuat. Salah satunya adalah kemampuan bela diri tangan kosong Merpati Putih yang selama ini menjadi salah satu olahraga belada diri ‘tradisional’ di kalangan prajurit Kopassus.

“Harapnnya di usia yang ke-69 tahun ini, Kopassus terus meningkatkan kemampuannya, untuk menjadi profesional, kuat, moderen, tangguh dan adaptif. Mampu menyesuaikan diri dengan segala dinamika dengan berlatih dan terus berlatih,” tukasnya.

Mengambil tema ‘Kopassus Untuk Indonesia Maju’, peringatan HUT Kopassus kali ini berlangsung sederhana dan internal, mengingat pandemi COVID-19 masih melanda di Indonesia. Sebagai gantinya, upacara ini diikuti secara virtual oleh seluruh satuan jajaran Kopassus yang berada di luar Jakarta, seperti Grup-1 Serang, Banten; Grup-2 Kandangmenjangan, Kartasura dan Pusdiklatpassus Batujajar, Bandung.

Penyerahan bantuan Paket Sembako untuk warga di sekitar Makopassus, Cijantung. (Kliktv7/AFI)

Selain menggelar upacara secara virtual, Kopassus juga mengadakan bakti sosial di satuan jajaran Kopassus, berupa penyerahan paket sembako sebanyak 6.900 paket sembako, dimana angka 69 sesuai dengan usia Kopassus yang dilakukan secara serentak kepada desa-desa binaan di jajaran satuan Kopassus.

Pembagian paket Sembako di antaranya, Makopassus, Grup 3 dan Satuan 81 Kopassus akan dibagikan 3.000 paket kepada warga binaan di wilayah Kelurahan Baru, Kelurahan Cijantung, Kelurahan Pekayon, Kelurahan Tanjung Barat dan Kelurahan Ciracas. Sedangkan paket sembako untuk Grup 1 akan dibagikan 2500 paket di wilayah Serang Kompleks, Grup 2 Kopassus di Kartasura akan diserahkan 800 paket dan Pusdiklatpassus dibagikan 600 paket sembako di wilayah Kec. Batujajar, Bandung Barat dan sekitarnya.

Pemberangkatan truk pengangkut bantuan paket Sembako. (Kliktv7/Afi)

Kegiatan pemberangkatan dan penyerahan paket sembako dilaksanakan langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan, tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sebelumnya, banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian HUT ke-69 Kopassus, antara lain :

1) Tanggal 23 Maret 2021 : Pertandingan Bulu Tangkis, di Gd Nanggala, Cijantung (Intern)

2) Tanggal 3 April 2021 : Komando Trail di Grup 1 Kopassus, Serang (donor darah, peresmian rumah tidak layak huni dan jembatan, penghijauan, pengobatan gratis,pembagian sembako)

3) Tanggal 4 April 2021 : Golf bersama sesepuh Korps Baret Merah di Bukit Pelangi Golf Club, Bogor

5) Tanggal 5 April 2021 : Komando Warrior di Lap Gatot, Cijantung (intern)

6) Tanggal 8 April 2021 : Pemecahan Rekor MURI Pematahan Benda Keras Terbanyak dengan Mata tertutup (69 titik) di Lap Upacara Makopassus, Cijantung.

7) Tanggal 8 April 2021 :Pertandingan Tenis lapangan (Intern)

8) Tanggal 9 April 2021 :Pertandingan Tenis Meja di Gd Nanggala, Cijantung (intern)

9) Tanggal 9 April 2021 : friendly match basketball bersama artis

10) Tanggal 10 s.d. 11 April 2021 : Lomba menembak IPSC Danjen Kopassus Open di Grup 2 Kopassus, Solo dan kegiatan Bakti sosial di Klaten

11) Tanggal 11 April 2021 Lomba renang antar RW di Ksatrian A. Yani Cijantung

12) Tanggal 11 April 2021 Lomba paduan Suara (lagu Hymne komando ) tingkat SMP dan SMA antar RW Ksatrian A.Yani Cijantung

13) Tanggal 15 April 2021, mengheningkan Cipta di Sasana Kusuma Bangsa Makopassus Cijantung

14) Anjangsana ke Sesepuh Korps Baret Merah

Raihan prestasi:

1) Grup1 Kopassus dan Grup 3 Kopassus berhasil memperoleh prestasi dari Kementerian Reformasi Birokrasi sebagai satker peraih penghargaan tingkat nasional wilayah bebas korupsi dalam rangka pembangunan zona integritas TA 2020.

2) 5 Desember 2020 Pemecahan Rekor MURI Pengibaran Bendera TN AD terbesar dengan tehnik Canopy formasi side by side.

3) Tanggal 8 April 2021 : Pemecahan Rekor MURI Pematahan Benda Keras Terbanyak dengan Mata tertutup (69 titik) di Lap Upacara Makopassus, Cijantung.

Pos terkait