Pendidikan

5 Siswa SMKN 9 Medan Magang ke Innovam Jepang

MEDAN,KLIK7TV.CO.ID – Lima siswa SMK Negeri 9 Medan mendapat kesempatan untuk mengikuti magang di Innovam Jepang atas keinginan manajemen perusahaan untuk melaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi kepada peserta didik di Sumatera Utara. 

Demikian diungkapkan Kepala SMKN 9 Medan Muhammad Sofa Ananda kepada media, Sabtu (26/8/2023) memberikan apresiasi yang tinggi karena SMKN 9 Medan dipercayakan 5 siswanya melakukan magang kerja. 

Pertemuan tersebut dihadiri langsung Presiden Innovam Takeshi Onishi, Special Adviser Akinori Tsuruya dan Direktur PT Innovam Indonesia Global Hasustan Kosim (Abok) di sekolahnya yang terletak di Jalan Patriot Medan.

Sofa menjelaskan, SMKN 9 mengelola jurusan animasi, desain komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak, kepedulian sosial dan teknik komputer jaringan bertekad untuk melahirkan tamatan peserta didik yang berkualitas dengan kompetensi keahlian yang dimiliki para siswanya. 

Slogan “SMK Bisa” dengan pusat keunggulan yang dimiliki SMKN 9 Medan ini sejalan dengan Kegiatan Strategi Daerah (KSD) bekerja sama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) harus terealisasi. “Kita akan terus melakukan penguatan kompetensi keahlian agar siswa punya bekal siap kerja,” jelasnya. 

Karenanya, SMKN 9 Medan siap menjalin kerjasama dengan perusahaan asing seperti Innovam ini. Tujuannya agar para tamatan setelah menyelesaikan sekolahnya tidak menjadi pengangguran. 

“Berbagai inovasi dan kerjasama untuk penguatan akademik dan non akademik diharapkan siswa terampil dan mahir selama bekerja di perusahaan-perusahaan yang menerima mereka bekerja,” jelasnya. 

Sementara itu Direktur PT Innovam Indonesia Global Hasustan Kosim (Abok) mengatakan bahwa pihaknya melakukan Pelatihan Berbasis Kompetensi. Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dengan Metode Pelatihan Blended (Online & Offline) dan Tatap Muka (Virtual & Offline). 

Seperti di Medan ujar Abok, PT Innovam Global Indonesia adalah pelatih untuk sektor mobilitas yang memberi saran dan menyediakan pelatihan di bidang perusahaan, teknologi, otomotif, penjualan dan marketing, manajemen dan lainnya. 

“Kita juga berusaha untuk memastikan bahwa pendidikan dan tenaga kerja kejuruan saling melengkapi dan menguatkan satu sama lain. Innovam membantu semua orang untuk mendapatkan yang terbaik bagi mereka sendiri dan perusahaan menjadi mobitas industri dapat berfungsi optimal secara keseluruhan,” jelasnya. ( mp)

Related Posts