Home / Nusantara / Warga Sicanang Minta Rumah Mereka Yang Retak-Retak Dibetuli

Warga Sicanang Minta Rumah Mereka Yang Retak-Retak Dibetuli

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID – Getaran mesin PLTU Sicanang diduga rusak puluhan rumah , masyarakat ancam unjuk rasa. Menurut warga seperti diberitakan di media,(Sabtu 6/7) getaran diduga berasal dari mesin PLTU Sicanang , dan ternyata sudah dirasakan sejak 2017. Dampak itu mengakibatkan ratusan rumah retak di 6 lingkungan ,Kelurahan Sicanang, Kecamatan Belawan.

General Manager (GM) PT PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, Bambang Iswanto yang dihubungi dan dikonfirmasi, Sabtu (6/7) mengatakan sedang tugas luar kota, dan mempersilahkan hubungi Senior Manager Umum PLN Edy Irawan, sehingga diperoleh informasi dari satu pintu saja.

Edy Irawan tidak lama menghubungi wartawan lewat HP mengatakan, getaran itu tidak seperti yang diberitakan. Getaran PLTU Sicanang yang ada masih di bawah ambang batas , sesuai dari Dinas Lingkungan Hidup.

Tapi warga mengatakan rumah mereka retak-retak karena getaran mesin PLTU Sicanang ? Dijawab Edy, kenapa, apakah dari mesin kami, apakah memang tanah di situ yang labil. Kami tidak tahu. Pembangkit di situ sudah puluhan tahun, kok sekarang retak,katanya.

Dikatakan warga seperti diberitakan, kejadian getaran sudah dirasakan sejak 2017 dan sudah dilapor, namun PLN hanya mengasi sembako. Perjanjiannya bukan demikian, karena warga minta rumah yang rusak diperbaiki, namun hanya dikasi sembako.

Begini, kata Edy, bantuan memang diberikan dalam bentuk sembako, pas bulan puasa, sebelum hari raya. Dan ngasihnya tidak ke person, tetapi melalui perangkat desa, kelurahan dan kecamatan. Kalau ada yang tidak kebagian, kan tidak bisa kami cek satu per satu. Mungkin yang tidak kebagian itu yang bersuara,kata Edy.

Apakah pemberian sembako itu dalam kaitan rumah retak atau karena lebaran ? Dijawab Edy, aku tidak bisa jelaskan.

Kalau tidak dibetuli rumah yang retak, masyarakat akan aksi demo? Dijawab Edy lagi ,”o, gitu”. Edy juga menyatakan akan mengirim relis lewat Humas PLN Sumut, namun hingga ,Minggu (7/7) dan berita dikirim ke redaksi, relis tidak dikirim juga. @DM

Check Also

Indonesia Diharapkan Damai Tanpa Kerusuhan, Pasca Pemilu 2019

Gunungsitoli, Klik7tv.co.id  –  Berbagai kalangan masyarakat di Kepulauan Nias khususnya di Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera …