Home / Internasional / Satgas Indobatt XXIII-M/Unifil rayakan Peringatan International Women’s Day di Lebanon

Satgas Indobatt XXIII-M/Unifil rayakan Peringatan International Women’s Day di Lebanon

KLIK7TV.CO.ID – Ditengah-tengah tuntutan tugas sebagai pasukan perdamaian di Lebanon Selatan, Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-M (Indobatt)/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) yang tengah melaksanakan misi perdamaian dibawah pimpinan Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya, sebagai Dansatgas menyelenggarakan peringatan “International Women’s Day” (IDW), bertempat di Gedung Pertemuan Desa Suwwanan, Lebanon Selatan, Sabtu (9/3/2019).

 

Dalam pelaksanaannya perayaan IDW kali ini cukup berbeda yang seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2019 namun karena permintaan yang kuat dari seluruh wanita di desa tersebut yang sangat antusias untuk turut hadir, maka pelaksanaannya dirubah menjadi hari Sabtu, 9 maret 2019 dimana kebiasaan masyarakat Libanon merupakan hari libur sehingga berkesempatan untuk mengikuti peringatan tersebut.

Acara yang diawali dengan Sambutan dari Dansatgas Indobatt yang menyampaikan bahwa “Hari wanita Internasional adalah hari yang khusus didedikasikan kepada wanita serta memuji mereka atas upaya yang luar biasa yang mereka lakukan bagi kita semua, untuk itu marilah kita bersama-sama mendukung Wanita dan perempuan, bersatu untuk membuat lebih baik untuk semua orang”

Dalam kegiatan perayaan yang dihadiri oleh puluhan wanita dan anak-anak dari desa Suwwanan ini, juga dimeriahkan dengan penampilan tarian tradisional Indonesia yang dipersembahkan oleh Satgas Indobatt yaitu Tari Indang dan Ondel-ondel yang membuat seluruh peserta yang hadir terpukau. Ditambah dengan adanya pemotongan kue bolu tart yang dilakukan oleh Dansatgas Indobatt bersama beberapa tokoh masyarakat desa Suwwanan untuk dibagikan kepada seluruh wanita dan anak-anak yang hadir sebagai pertanda peresmian International Women’s Day hari itu. Disamping itu anggota WAN TNI dengan berpakaian adat tradisional juga menghidangkan beberapa makanan tradisional seperti dadar gulung, lumpia, perkedel dan risoles untuk memperkenalkan makanan khas Indonesia.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada seluruh peserta yang hadir yang secara simbolik diberikan kepada Ibu Zaenab seorang Wanita tertua di Suwwanan yang berumur 82 tahun sebagai perwujudan agar kaum wanita di Lebanon untuk tetap memiliki semangat dan terus berjuang dalam meraih kesetaraan gender dan menciptakan perdamaian dunia.

Sebelum mengakhiri kegiatan tersebut Kepala desa atau lebih dikenal degan sebutan Mayor desa Suwwanan Mr. Ismail Hamidi memberikan plakat kenang-kenangan kepada Satgas Indobatt sebagai ucapan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan Satgas Indobatt kepada warganya.@Red

Check Also

Pasukan Garuda XXIII-M Berikan Tali Asih Natal Bagi Anak-Anak di Lebanon

LEBANON, KLIK7TV.CO.ID –   Pasukan Garuda Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Konga XXIII-M/Unifil (United Nations Interim Force In …