Home / Kesehatan / Pemkot Jaktim Sidak Pangan di Lima Pasar Tradisional

Pemkot Jaktim Sidak Pangan di Lima Pasar Tradisional

KRAMATJATI, Klik7tv.co.id – Tim Jejaring Keamanan Pangan Jakarta Timur melakukan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap bahan pangan yang mengandung zat berbahaya di Pasar Kramatjati, Jalan Raya Bogor, Kelurahan Kramatjati, Kecamatan Kramatjati, Selasa (11/4). Kegiatan yang dilakukan serentak di lima pasar tradisional ini, selain memeriksa bahan pangan, juga mengecek kestabilan harga bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1438 H/ 2017.

Tim yang diterjunkan merupakan dari gabungan berbagai unsur antara lain Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), Sudin Kesehatan, Sudin KUKMP dan Sudin Kominfotik Jakarta Timur. Kegiatan ini juga mengerahkan tiga unit mobil laboratorium keliling dari Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pengujian bahan pangan dari sample dikumpulkan dari para pedagang pasar.

Tercatat sebanyak 63 sample dari komoditi pertanian, perikanan dan perternakan yang dikumpulkan dari pedagang Pasar Kramatjati. Sementara target kegiatan ini sebanyak 315 sample bahan pangan yang diambil dari lima pasar tradisional di Jakarta Timur, yaitu Pasar Cijantung, Pasar Cibubur, Pasar Ciracas, Pasar Jambul dan Pasar Kramatjati sebagai titik sentral pengujian bahan pangan.

Kepala Seksi Komunikasi Informasi Publik (KIP), Sudin Kominfotik Jakarta Timur Leonardo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pasar di Jakarta Timur yang aman dan bebas dari bahan berbahaya. Oleh sebab itu, secara rutin dilakukan sidak secara keliling sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya.

“Kegiatan Sidak terhadap bahan pangan di pasar-pasar tradisional ini merupakan kegiatan rutin yang dilkakukan oleh tim jejaring aman pangan Pemkot Jakarta Timur serta guna memastikan menjelang Ramadhan bulan depan dengan tujuan mewujudkan pasar tradisional yang aman dari bahan olahan makanan yang mengandung zat berbahaya seperti Boraks, Rhodamin B dan Formalin,” katanya.

Pria yang akrab disapa Leo oleh para wartawan ini menjelaskan, selain memeriksa keamanan bahan makanan olahan, tim juga memeriksa kestabilan harga bahan pokok di pasar. Menurutnya harga jual seluruh bahan pangan di pasar tradisional yang berada di Jakarta Timur sendiri masih dalam kondisi normal.

“Hari ini juga kita periksa harga bahan pokok pada lima pasar tradisional. Hingga saat ini harga bahan pokok sendiri juga masih dalam kondisi stabil. Hanya saja ada kenaikan di cabai merah besar TW dari tanggal 6 April seharga Rp 36.000 hingga saat ini menjadi Rp 48.000,” paparnya.

Dirinya pun menghimbau kepada para pedagang untuk jujur dalam memilih bahan-bahan makanan yang dijualnya.  Leo pun berharap kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

“Masih kita temui adanya bahan zat berbahaya pada salah satu bahan pangan. Dengan ini akan kita data dan berikan pembinaan tegas. Selain itu juga untuk para pembeli mari lebih teliti dan jangan karena harga lebih miring, yang dapat mengakibatkan bisa merusak kesehatan,” pungkasnya.

3 L

About admin

%d blogger menyukai ini: