Home / Budaya / MELAUI FESTIVAL DALANG BOCAH TINGKAT NASIONAL PEPADI EDUKASI ANAK BANGSA TENTANG NILAI-NILAI PEWAYANGAN.

MELAUI FESTIVAL DALANG BOCAH TINGKAT NASIONAL PEPADI EDUKASI ANAK BANGSA TENTANG NILAI-NILAI PEWAYANGAN.

JAKARTA, Klik7tv.co.id – Indonesia terkenal dengan ragam budayanya, berbagai macam kesenian yang muncul sebagai puncak-puncak kebudayaan nusantara.

Wayang sebagai salah satu puncak kebudayaan Indonesia bahkan telah diakui UNESCO sebagai karya agung warisan budaya lisan dan tak benda manusia “a Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity”, menjadikan wayang sangat penting untuk dipelajari dari berbagai aspek. termasuk nilai-nilai filosofi dalam wayang karena nilai-nilai dalam wayang mewarnai karakter bangsa indonesia.

Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Pusat, Bapak Kondang Sutrisno. SE mengatakan, pencerahan anak bangsa terhadap pentingnya karakter lndonesia melalui pendidikan “budi pekerti” sangatlah penting. Nilai-nilai wayang diharapkan akan menjadi sarana pendidikan budi pekerti anak bangsa untuk dapat sejajar dengan bangsa lain, serta merupakan program mendesak dan pertu dilaksanakan secara berkelanjutan. Penyelengaraan “Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional bertujuan untuk merangsang Dalang Bocah belajar mendalang agar regenerasi Dalang tetap terjaga, juga sebagai ajang silaturahmi antar Dalang Bocah se indonesia untuk memupuk persaudaraan dan kemampuan mendalangnya serta menjaring bibit-bibit generasi penerus Dalang di masa depan serta sarana sosialisasi sejak usia dini kepada anak-anak terhadap wayang. Selain itu juga untuk mendekatkan wayang kepada publik khususnya kawula muda, juga menghadirkan wayang sebagai seni hiburan yang tak kalah dengan hiburan popular yang lainnya, agar nilai-nilai dalam wayang ikut andil dalam membentuk karakter bangsa sehingga generasi mendatang bisa menjadi manusia seutuhnya,” Tegas Ketua Umum PEPADI Pusat.

Berdasarkan beberapa hal tersebut PEPADI Pusat bekerja sama dengan Taman Mini indonesia indah dan pemangku kepentingan lainnya akan menyelenggarakan Festival Dalang Bocah (FDB) Tingkat nasional Tahun 2017 pada tanggal 21-23 September 2017 di Panggung Candi Bentar TMII Jakarta Timur.

Festival ini diikuti oleh Dalang Cilik terbaik yang mewakili Provinsi masing-masing di indonesia dan sedang mengenyam pendidikan di tingkat SD, SMP antara umur 8-i5 Tahun, serta akan mempergeiarkan berbagai ragam wayang, antara lain Wayang Kulit Purwa; gagrak Surakarta, Yogyakarta, Jawatimuran, wayang Banyumasan, wayang kulit Cirebonan, wayang Menak Sasak, wayang golek Purwa, wayang kulit indramayu, wayang Banjar, dan wayang Kulit Betawi.

Banyaknya peserta yang mengikuti Festival Dalang Bocah tingkat Nasional tahun ini menandakan bahwa pertumbuhan sanggar -sanggar pedalangan sangat bagus dan regenerasi Dalang tidak mengkhawatirkan. Justru regenerasi Sinden dan pengrawlt (nayaga) yang kian lama susah peminatnya. Dalang yang mendapat Nominasi terbaik akan mendapatkan apresiasi.

Sekedar info Di tahun 20i7 ini merupakan Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional yang keB. Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional ini adalah agenda tetap PEPADi yang dilaksanakan setiap tahun sekali dan diselengarakan di Jakarta sejak tahun 2008. Namun dukungan dari Kementerian [Lembaga dan stakeholder terkait belum maksimal. Diharapkan even tahunan ini bisa didukung berbagai pihak ditahun –tahun mendatang.@Pedati

l

About admin

%d blogger menyukai ini: