Home / Hukum / LAPK : Menkes Harus Tegas Dorong Menteri Komunikasi dan Informatika Menertibkan Iklan Rokok di Internet

LAPK : Menkes Harus Tegas Dorong Menteri Komunikasi dan Informatika Menertibkan Iklan Rokok di Internet

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID –  Sekretaris Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK) Sumut Padian Siregar mengatakan, kebijakan pembatasan iklan rokok yang yang ada dinilai tidak konsisten, karena iklan rokok tidak benar-benar dibatasi termasuk pembatasan iklan rokok bertujuan melindungi anak juga tidak berjalan efektif.

Pergeseran media hiburan anak dari media televisi ke media internet tidak dibarengi kebijakan pembatasan iklan rokok yang ikut bergeser mengatur iklan rokok di internet,kata Padian Siregar di Medan, Jumat (14/6) mengomentari pernyataan YLKI: Iklan rokok di internet harus diblokir untuk lindungi anak.

Dikatakan Padian, adanya pengaturan ketat iklan rokok di media televisi dan media luar ruang tidak berbanding lurus dengan iklan rokok di internet yang sedemikian bebas sepanjang hari menempel di laman internet.

Dikatakan Padian Siregar, tidak ada political will dari pemerintah terkait iklan rokok di internet yang sudah mengkhawatirkan, bukan hanya merusak mental anak tetapi keberadaannya sudah menggangu kenyamanan pengguna internet, misalnya iklan rokok yang menutup seluruh laman sehingga mau tidak mau pengguna internet harus melihat iklan rokok tersebut bukan hanya di laman semua umur, tetapi channel media sosial yang notabene untuk anak pun disusupi iklan rokok.

 

Dikatakan Padian, Kemenkes sebagai leading sektor pengendalian rokok harus tegas mendorong Menteri Komunikasi dan Informatika menertibkan iklan rokok di internet, sebaliknya Kementerian Kominfo tidak boleh buang badan dengan alasan surat belum sampai atau regulasi tidak ada dan masih dikaji.

Tentu Kementerian Kominfo akan tidak konsisten ketika desakan penggiat pengendalian rokok dan Kemenkes direspon begitu lambat, tetapi di sisi lain pemblokiran media sosial pada Mei kemarin dapat dilakukan tanpa regulasi yang jelas dan merugikan masyarakat. Padahal pengendalian rokok adalah kebijakan prioritas pemerintah di bidang kesehatan,katanya.@ GN

Check Also

Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Pemkab Nias Gelar Pasar Murah

NIAS, KLIK7TV.CO.ID – Antisipasi lonjakan harga sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Nias menggelar …