Home / Budaya / Gerbang Betawi Perkuat Kebudayaan dan Sumber Daya Warga Betawi

Gerbang Betawi Perkuat Kebudayaan dan Sumber Daya Warga Betawi

JATINEGARA, Klik7tv.co.id – Gerbang Betawi yang diinisiasi oleh Dr Sylviana Murni dan Dr Ashari serta sejumlah profesional Betawi lainnya dideklarasikan, bertempat di Pusat Kebudayaan Betawi, Jatinegara Jakarta Timur, sekaligus diadakan Pagelaran Seni Budaya Betawi bertajuk Keriaan Betawi Jatinegara 2017, sejak tanggal 25-28 Oktober 2017.

Gerbang Betawi adalah gerakan moral, intelektual dan profesional. “Gerbang Betawi menciptakan sumber daya manusia Betawi dengan intelektualitas, profesionalitas dan moralitas yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Direktur Eksekutif Gerbang Betawi Dr Ashari, dalam rilis yang diterima Klik7tv.co.id, Rabu (25/10/2017).

Menurutnya, Gerbang Betawi bukan gerakan politik dan tidak akan menjadi gerakan politik. Bahkan juga bukan kaki tangan partai politik tertentu dan tidak akan berpihak kepada partai politik manapun.

Untuk memeriahkan Grand Launching Gerbang Betawi, maka diadakan kegiatan-kegiatan pendukung, antara lain : Bazar dan Kuliner, Pameran Lukisan (Sarnadi Adam), Parade Seni Siswa, Fashion Show, Pertunjukan Seni Budaya Betawi (Lenong, Gambang Kromong dan Tanjidor), Atraksi Silat, Lomba Cerpen Betawi, Lomba Nyanyi Lagu-Lagu Betawi dan lain-lain.

David Darmawan, penanggung jawab acara dan anggota dewan pakar  mengatakan, dengan Gerbang Betawi ini diharapkan menjadi penggerak pemberdayaan masyarakat Betawi melalui kegiatan ekonomi. pendidikan dan kebudayaan.

“ Alhamdulillah dengan terlaksananya abar ini dengan baik, mudah-mudahan menjadi sebuah tempat situs aktivitas kegiatan-kegiatan yang mengangkat harkat tradisi Betawi dan untuk mengembangkan kegiatan Gerakan Kebangkitan Betawi ini akan dilaksanakan setiap tahun .“ ungkapnya

Ia, menambahkan Tak kalah menarik, juga digelar Diskusi dengan tema “Melahirkan Juragan-juragan Muda Betawi” (Jum’at, 27 Oktober 2017) dengan narasumber Sandiaga Uno (Wakil Gubernur DKI Jakarta), Kresno Sediarsi (Direktur Utama Bank DKI), David Darmawan(CEO Socentix), Davi Kemayoran (Betawi Punya Distro).  Hari Kamisnya (27 Oktober 2017) juga digelar Diskusi Publik “Going Green Betawi Punya Gaye” , Talkshow bersama Puteri Indonesia (Sabtu, 28 Oktober 2017).

“ Sedangkan Bidang Budaya dan Pariwisata mencakup ide-ide memaksimalkan pengelolaan sentra-sentra Betawi seperti Setu Babakan, Condet, dan Gedung Eks Kodim. Juga ide memaksimalkan ikon-ikon budaya Betawi, seiring dengan amanat Perda dan Pergub Pelestarian Budaya Betawi. “ Tegasnya

Sementara itu, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menyatakan dukungannya kepada acara ini. Bambang mengaku sudah lama mendorong agar masyarakat Betawi lebih menitikberatkan pengembangan pendidikan, daripada memberi anak-anaknya fasilitas materi yang dapat meninabobokkan mereka.

“Saya juga berharap masyarakat Betawi dapat membuat kerajinan atau oleh-oleh yang khas Betawi,” terangnya. @Ch

 

About admin

%d blogger menyukai ini: