Home / Politik / Data yang Baik, untuk Meraih Kepercayaan Pemilih

Data yang Baik, untuk Meraih Kepercayaan Pemilih

Jakarta, Klik7tv.co.id – Data pemilih yang baik itu penting, terutama untuk mendapat kepercayaan para pemilih. Oleh karena itu, kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) diharapkan mampu menyatukan pemahaman pengelolaan data yang baik, termasuk melalui penerapan Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) yang digunakan pada pilkada serentak, 27 Juni 2018.

Hal ini  dikemukakan Komisioner KPU, Viryan pada pembukaan Bimtek Sidalih di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Jakarta (8/11).

Menurut Viryan, Bimtek bertujuan mengurangi permasalahan dalam pemutakhiran data pemilih. “Data pemilih yang baik itu penting sebab data yang baik akan mendapatkan kepercayaan dari para pemilih,” katanya menegaskan kembali. 

Bintek diikuti KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menggelar pemilihan kepala daerah serentak tahun depan.KPU Jawa Barat, yang juga menggelar pilkada tersebut ikut hadir dan masuk dalam gelombang kedua bersama 5 provinsi lainnya yakni : Sumatera Selatan, Riau, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, dan 127 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Kehadiran KPU Jabar diwakili Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, Ferdhiman Bariguna serta Dini Lestari selaku admin Sidalih. Bimtek dilakukan tiga gelombang. Gelombang I digelar 7/11, Gelombang II digelar 8/11, dan Gelombang III digelar 9/11.

Pada saat hampir bersamaan, Ferdhiman menegaskan, Bimtek merupakan modal dasar peningkatan skill SDM komisioner dan operator data pemilih. Ia juga berharap pengelolaan Sidalih menjadi percontohan di Indonesia.”Insya Allah, Jabar akan menjadi percontohan peningkatan kualitas data pemilih,” ujar pria yang akrab disapa Aang ini.@***YG

About admin

%d blogger menyukai ini: