Home / Nasional / Catat Tanggalnya, Kharisma 98 TNI-POLRI Akan Gelar Reuni Akbar

Catat Tanggalnya, Kharisma 98 TNI-POLRI Akan Gelar Reuni Akbar

KLIK7TV.CO.ID – Ikatan Alumni Sekolah Pertama Perwira Prajurit Karier ( Semapa PK) TNI-Polri Angkatan 1998 (Kharisma 98”) kembali akan menggelar reuni akbar, genap 20 tahun pengabdianya .Kegiatan ini merupakan realitas dari sinergitas TNI-Polri, yang sama sama dilahirkan dari tempat pendidikan yang sama dari bumi chandra dimuka di lembah tidar Magelang.

Sekitar 1500 orang keluarga besar Kharisma 98 sudah confirm akan hadir pada acara puncak Reuni Akbar Kharisma 98 TNI-POLRI tersebut. Reuni akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018 mendatang bertempat di museum keprajuritan di TMII dengan kegiatan jalan sehat,olah raga bersama dilanjutkan dengan ramah tamah. Pasca turut berbagi bantuan kemanusian kpd korban gempa di Palu, panitia reuni juga akan menggelar Donor darah pada Jumat, 12 Oktober 2018 secara serentak di beberapa Satuan seluruh Indonesia. Kordntor Kharisma Makassar Letkol Adm Fahril Bahnan, S.IP, M.Sc menambahkan bahwa khusus untuk Kharisma TNI POLRI di Makassar sudah melaksnkn donor darah pada 1 Okt kemarin bekerjasama dgn PMI Makassar.

Ketua panitia reuni Akbar Letkol Sus Harianto, M. Pd. mengatakan Kharisma ’98 merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjalanan sejarah pembangunan bangsa, baik dalam konteks historis maupun strategis Republik tercinta ini. Berpijak dari masa menjelang berakhirnya Orde Baru pd awal era Reformasi di tahun 1998, tidaklah mudah untuk mengawali sebuah pengabdian kepada NKRI walau memang itu sebuah amanah dan mandat yang wajib dilaksanakan.

Haryanto menambahkan, dengan berbagai warna Korps dan penempatan dinas pertama, yang diikuti dengan berbagai pendidikan dan penugasan memberikan pengalaman dan pembelajaran yang membentuk jati diri para perwira Kharisma ’98 sehingga semakin solid dan mantap menjalankan tugas. Kini, Kharisma ’98 dengan segala posisi jabatan dalam organisasi yang mayoritas pada level “MIDDLE RANK OFFICERS” seharusnya menjadi lebih arif dan bijak dalam mensikapi problematika yang terjadi baik pada tataran nasional, regional maupun global sesuai bidang yang diampunya.

Menurutnya, Salah satu pemantik untuk tetap eksis dan dapat mengikuti dinamika era saat ini dalam menjalankan tugas dengan lebih mudah, lancar dan bermakna, maka tujuan diadakan Reuni Akbar Kharisma ’98 antara lain meningkatkan tali silaturahim dan kebersamaan Keluarga Besar Kharisma ’98 untuk dapat berpartisipasi dan berkontribusi positif dalam kancah pembangunan masyarakat Indonesia di era milenial global, membangun kepedulian dan penghargaan antar Keluarga Besar Kharisma ’98 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui ajang jejaring sosial secara konstruktif, mengembangkan peluang dan menggalang potensi untuk berbagi pengalaman melalui penyelenggaraan kegiatan yang bersifat akademis dan sosial, papar Harianto.

Sementara salah satu punggawa Kharisma 98 Letkol Adm Esra K. Sembiring, S.IP, M.AP, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa kiprah Kharisma 98 TNI – Polri saat ini cukup membanggakan, ini dapat dilihat dari posisi jabatannya yg strategis dan terutama keunggulan dibidang akademiknya. Dengan jumlah sekitar 1300 Perwira TNI Polri, saat ini sudah ada beberapa personel yang menyandang pangkat perwira menengah baik Kolonel / Komisaris besar Polisi dan rata rata sudah berpangkat Letkol merupakan suatu bukti pengakuan organisasi TNI POLRI terhadap eksistensi kualitas personelnya.
Selain itu sebagian terpilih dan teruji dalam menjaga perdamaian dunia / Milobs maupun misi kesehatan dalam operasi penanggulangan dampak bencana alam / gempa / tsunami seperti yg terjadi di Aceh, Lombok, Palu dan lainnya.
Ciri khas lainnya yang menonjol dari alumni PK 5 ini bahwa tidak sedikit yang sudah selesai atau sedang menempuh pendidikan S3 maupun S2 baik melaui beasiswa TNI maupun Polri ataupun yang ditempuh secara mandiri

Menurutnya, reuni selama ini dilaksanakan secara bergiliran 4 angkatan TNI AD, AL, AU dan Polri, dan untuk Reuni perak 25 tahun direncanakan akan dibentuk panitia bersama yang akan dilaksanakan di Akmil Magelang pada tahun 2023 yang akan datang, papar Sembiring lebih lanjut.

Check Also

Bakamla Gelar Rekonsiliasi BMN Perdana di Zona Maritim Timur

Ambon, Klik7tv.co.id – Dalam rangka persiapan pelaporan Barang Milik Negara (BMN), Subbag Penatausahaan BMN di …