Home / Politik / Akademisi USU Drs Wara Sinuhaji Mhum: Drs Maju Purba dan Iwan Depari SH Cocok Jadi Bupati Karo

Akademisi USU Drs Wara Sinuhaji Mhum: Drs Maju Purba dan Iwan Depari SH Cocok Jadi Bupati Karo

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID – Pengamat sosial politik USU Drs H Wara Sinuhaji MHum ditanya tentang pemilihan Bupati Karo yang sudah dekat 2020 mengatakan, sekarang ini di Karo itu sudah banyak kali rakyat mengeluh. Karena beberapa tahun terakhir ini, kita lihat hasil kerjanya bupati itu tidak seperti yang diharapkan.

Bertahun-tahun, berganti bupati dari yang satu ke yang lainnya, janji-janji kampanye seperti apa yang pernah ditawarkan kepada masyarakat itu, tidak pernah terealisasi sehingga banyak keluhan keluhan masyarakat Karo, kata Wara di Medan, Senin (10/6).

Oleh karena itu masyarakat karo sekarang ini menginginkan figur yang mampu untuk memajukan Karo. Siapa kira-kira yang layak dan kapabel untuk memimpin karo ke depan?.

Dikatakan Wara, seharusnya ini kinerjanya partai politik, mencari tokoh-tokoh dan figur calon bupati untuk memimpin karo ke depan. Tetapi kan permasalahan-permasalahan politik dan sistem politik kita sekarang ini kan belum seperti apa yang kita inginkan, artinya partai politik kita itu masih bersifat sentralistik dan feodalistik. Artinya kalaupun misalnya ada orang yang mau mencalonkan diri , belum tentu bisa. Tetapi selalu saja kita lihat bahwasanya yang direkrut itu bukan kader partai itu, jadi di situ kita lihat bahwasanya ada indikasi permainan-permainan untuk “uang mahar”.

Kalau orang luar partai , perlu mencari kendaraan politik. Inilah yang namanya perlu “uang mahar”. Jadi, kalau partai-partai masih mengharapkan uang mahar dari kandidat yang diusungnya dengan pertimbangan ekonomi, maka si calon perlu biaya. Kalaupun selesai nanti terpilih iya otomatis, si bupati terpilih, akan punya target utama bagaimana secepatnya uang yang sudah dikeluarkan itu cepat kembali. Pola Inilah yang harus dirubah dengan alternatif merubahnya dengan jalur independen. Jangan maju dari partai politik , tapi maju dari jalur independen.

Dari aspek uang mahar itu, kemarin itu saya diundang oleh beberapa teman sesama putera Berastagi. Apalagi selama Indonesia Merdeka, bupati di Karo tidak pernah putera Berastagi/Kabanjahe.

Ke depan diharapakn ada perubahan, karena bisa dibilang 20 tahun terakhir, sejak reformasi itu di Karo stagnan, nggak ada kemajuan. Kan saya dulu itu ikut turun ke jalan, demo menjatuhkan bupati Karo . Kemudian naik yang sekarang ini (Terkelin Berahmana dan Cory Sebayang) dan akan berakhir periodenya Desember 2019.

Jadi harapan ada dua alumni USU yaitu Drs Maju Purba (Ketua PDI-P Karo) dan Iwan Depari SH (pengacara), saya mau mereka ini berdua maju. Kalau mereka itu sepakat ya mereka itu harus bersiap-siap dari sekarang, karena tidak terasa beberapa bulan lagi proses pencalonan sudah mulai mengkristal. Diperkirakan yang maju banyak lagi yang lain. Itu hak politik orang lain juga,kata Wara .

Bupati itu sukses tergantung niatnya, harus tulus untuk membangun Kabupaten Karo. Maju Purba ini selain sebagai ketua partai PDIP Karo ,juga seorang pengusaha yang sukses, jadi saya yakin tidak ada lagi niatnya itu untuk mengambil kekayaan, karena secara ekonomis dia itu sudah cukuplah. Maka saya mendorong beliau supaya mendarmabaktikan dirinya untuk membangun Karo. Yang penting jujur dan tulus membangun Karo itu. Mengatasi kekurangan lakukan dialog dengan tokoh masyarakat , karena manusia ini ini tidak ada yang sempurna.

Bupati itu harus banyak membangun dialog dengan elemen masyarakat, baik cendekiawan, tokoh masyarakat, tokoh budaya, seniman intelektual dan lain-lain untuk memperoleh masukan.

Bupati Karo itu harus mampu mengembangkan potensi di Karo,sebagai tujuan wisata . Daerah tujuan wisata harus bersih. Sekarang ini banyak anak-anak muda melapor itu kalau orang hiking mendaki gunung Sinabung misalnya, tidak pernah dibersihin, plastik-plastik berserakan.

Dana di Karo saja kabarnya banyak SILPA, untuk menghabiskan dana saja sulit , heran juga kita. Kalau dana SILPA, maka tahun depan akan dikurangi ,kata Wara.@GN

Check Also

Nina Yuningsih : Kantong Kresek Harus Diperangi

Klik7tv.co.id,   Bandung – Komisioner KPU Jabar Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat, Nina Yuningsih …