oleh

KPK Segera Ungkap Tersangka Korupsi Proyek Gereja Kingmi

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Para tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi di Mile 32, Mimika, Papua akan segera diungkap.

Demikian disampaikan Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri lewat pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (27/11)

“KPK memastikan pada waktunya, nanti akan kami sampaikan secara lengkap kontruksi perkara tersebut dan termasuk pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka,” kata Ali.

Ali menegaskan, pengumuman tersangka akan disampaikan pada saat telah dilakukan upaya paksa, baik penangkapan atau penahanan terhadap para tersangka.

Ali meminta publik bersabar karena saat ini pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih spesifik mengenai kasus yang diduga melibatkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng tersebut, karena masih melakukan serangkaian kegiatan penyidikan.

“Untuk pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka belum bisa kami sampaikan saat ini,” tandas Ali.

KPK hingga saat ini sudah memeriksa lebih dari 30 orang guna mengungkap kasus kasus yang menelan anggaran sekitar Rp160 miliar ini.

Para saksi yang dimintai keterangannya oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi tersebut berasal dari lingkungan Pemda Mimika, swasta, dan tokoh agama.

Pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan oleh KPK diantaranya adalah Direktur PT Nemangkawi Jaya  Alexander Omaleng yang tak lain adalah anak kandung Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Selain itu ada juga Sekda Kabupaten Mimika 2014-2015 Ausilius You, Kadis Pendapatan Kabupaten Mimika tahun 2013-2015 Cheryl Lumenta, Asisten Daerah Bidang Kesra Kabupaten Mimika tahun 2015-2017 Alfred Duow, Kadis Sosial Kabupaten Mimika tahun 2014-2015 Gerrit Jan Koibur, Kepala Cabang PT Darma Abadi Consultant Muhammad Natsar, dan Direktur PT. Kuala Persada Papua Nusantara M. Ilham Danto.@fys