oleh

Korean Ambassador Cup – Taekwondo Poomsae Festival 2020 Dihelat Pekan Depan

-Olah Raga-49 views

JAKARTA, Klik7tv.co.id – Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) bekerjasama dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), akan menggelar Kejuaraan Korean Ambassador Cup – Taekwondo Poomsae Festival 2020 pada tanggal 24 – 25 Oktober 2020 mendatang.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Korean Korean Ambassador Cup – Taekwondo Poomsae Festival 2020 Maulana Haidir menuturkan, kejuaraan yang dihelat sejak tahun 2006 ini rencananya akan diikuti lebih dari 300 atlet dari 75 klub Taekwondo yang tersebar di seluruh Indonesia.

Nantinya, lanjut Maulana, para peserta akan bersaing di nomor Poomsae Individu, Pair dan Beregu (putra/putri), Free Style (putra/putri) dan Kyupa (putra/putri). Sementara kategorinya terdiri dari pemula dan junior. Format pertandingannya sendiri menyesuaikan dengan protokol kesehatan terkait Pandemi Covid-19.

“Pertandingan dilaksanakan dalam format daring dan luring. Para peserta mengirimkan video penampilan atletnya sesuai dengan kategori dan nomor yang diikuti. Selanjutnya, mereka dinilai oleh para wasit nasional Indonesia dari satu tempat, di sekitar Depok (Jawa Barat). Saat ini proses penilaian sudah berlangsung, hingga nanti puncaknya ditentukan pada 24-25 Oktober mendatang,” terangnya, Jumat (16/10).

Ditambahkan olehnya, terkait dengan Pandemi Covid-19, kejuaraan yang rencananya akan dibuka oleh Ketua Umum PBTI Letjen TNI (purn) H.M Thamrin Marzuki bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Mr. Park Tae Sung ini belum mempertandingkan Nomor Kyorugi (tarung) yang memiliki resiko kontak fisik di tengah pandemi.

Tahun ini, Nomor Kyorugi tidak dipertandingkan mengingat Pandemi Covid-19. (PBTI)

Terpisah, Ketua Umum PBTI, Letjen TNI (Purn) H.M Thamrin Marzuki menyatakan apresiasinya kepada Duta Besar Kores Selatan di Indonesia, KCCI, TPF (Taekwondo Promotion Foundation) dan berbagai instansi Korea Selatan lainnya di Indonesia yang menyelenggarakan kejuaraan Taekwondo Korean Ambassador Cup ini setiap tahun. Kendati, tahun ini berbeda dan ada penyesuaian terkait Pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Umum PBTI, tetap berlangsungnya kegiatan rutin yang dilaksanakan ini, menunjukkan bahwa wabah covid – 19 yang massif dan berdampak global, tidak menyurutkan semangat peringatan atau perayaan hubungan harmonis persaudaraan pemerintah Korea dan Indonesia.

“Kejuaraan Korean Ambassador Cup 2020 ini merupakan salah satu simbol kerjasama dari sekian banyak bentuk dukungan pemerintah Korea terhadap perkembangan, prestasi dan atmosfir taekwondo Indonesia selama ini,” tutur.

Untuk diketahui, kejuaraan Korean Taekwondo Ambassador Cup 2020 adalah bagian dari bulan perayaan kebudayaan Korea atau ‘K-Festival 2020’ yang diselenggarakan oleh Cultural Center Indonesia (KCCI).  ‘K-Festival 2020’ memuat sejumlah kategori kegiatan yakni, K-Content, K-Performance, K-Food dan K-Event. (AFI)