oleh

Upaya Pemenuhan Personel, Bakamla RI Gandeng STIP Jakarta

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., melaksanakan komunikasi melalui saluran video teleconference dengan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Amiruddin, MM., dari Markas Besar Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/20).

Dalam Vidcon tersebut, Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan kedepan suatu keniscayaan Bakamla RI menjadi besar. Hal tersebut bukan dari Bakamla RI sendiri namun demokrasi dan pengakuan negara lain bahwa Bakamla RI yang mengemban tugas sebagai Indonesia Coast Guard satu-satunya penegak hukum di laut. Di laut nanti hanya ada Indonesia Coast Guard yaitu Bakamla RI sebagai penegak hukum di laut dan TNI AL sebagai penegak kedaulatan Indonesia.

“Oleh dasar tersebut, Bakamla RI membutuhkan personel yang kuat, terampil dan mumpuni serta siap untuk mengemban tugas sebagai abdi negara dalam pengamanan di laut karena penerus cikal bakal Bakamla RI adalah mereka ini, kami yang dari TNI AL, TNI AD, TNI AU, Kepolisian dan Kejaksaan berada di Bakamla RI hanya untuk membangun pondasinya sedangkan seiring waktu Bakamla RI besar merekalah yang akan mengawaki,” pungkas Laksdya TNI Aan Kurnia.

“Lulusan ataupun alumni STIP jurusan Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK) menjadi prioritas yang dibutuhkan Bakamla RI. Namun mereka tetap akan mengikuti seleksi sesuai dengan aturan dari Kemenpan RB yang disyaratkan,” tandas Laksdya TNI Aan Kurnia.

Pada kesempatan tersebut, Lakdya TNI Aan Kurnia menjelaskan bahwa Bakamla RI yang berkantor pusat di jalan proklamasi membawahi tiga kantor zona yakni Kantor Kamla Zona Maritim Barat (Batam), Kantor Kamla Zona Maritim Tengah (Manado), Kantor Kamla Zona Maritim Timur (Ambon) dan setiap Zona membawahi Kantor Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan Stasiun Bumi yang tersebar dari Aceh hingga Merauke.

Deputi Informasi, Hukum dan Kerja sama (Inhuker) Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H.,M.H., dalam Vidcon menambahkan, pada tahun 2018 Bakamla RI dan STIP Jakarta sudah pernah menanda tangani nota kesepahaman dibidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat sedangkan untuk rekrutmen personel STIP Jakarta akan didalami kembali apakah sudah masuk dalam perjanjian kerja sama tersebut.

Ketua STIP Jakarta Amiruddin mengapresiasi dan bangga STIP Jakarta menjadi rujukan Bakamla RI dalam rekrutmen pemenuhan personel di Bakamla RI. Tentu saja kami akan memberikan lulusan terbaik STIP Jakarta untuk dapat berkarir di Bakamla RI.

Turut serta pejabat Bakamla RI dalam kegiatan Vidcon dengan Ketua STIP Jakarta, yakni Deputi Operasi dan Latihan Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., Kabag TU dan Rumga Kolonel (Mar) Eddy H.H Panjaitan, S.H.,S.E.,M.M., dan Kabag Kepegawaian Kolonel (Mar) Franklyn Petrus M.S., M.Tr. Hanla.

Diakhir komunikasi, Laksdya TNI Aan Kurnia menyampaikan rencana minggu depan untuk dapat berkesempatan berkunjung ke STIP Jakarta.@Red