oleh

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Direktur Hukum Perjanjian Kewilayahan Kemenlu RI

JAKARTA, KLIK7TV.CO.ID – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menerima kunjungan Direktur Hukum Perjanjian Kewilayahan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Bebeb Abdul Kurnia Nugraha Djundjunan di Aula I Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/10/20).

Kedatangan Bebeb Djundjunan dalam rangka membicarakan perkembangan situasi keamanan laut Natuna Utara yang masih terus menghangat dengan hadirnya kapal Vietnam Coast Guard dan kapal Pengawas Perikanan Vietnam di wilayah yang masih menjadi sengketa antara Indonesia dan Vietnam. “Demikian juga kapal ikan asing Vietnam yang masih melakukan penangkapan ikan di daerah overlapping claim,” jelas Bebeb Djundjunan. Kemenlu juga menjajagi kerjasama pertukaran informasi dengan Indonesia Maritime Information Center (IMIC) untuk mendukung pusat informasi Kemlu dalam menyajikan data dan informasi untuk keperluan-keperluan diplomatic. Selain itu, Kemenlu akan membantu Bakamla dalam melakukan evaluasi pada semua perjanjian kerjasama antara Bakamla dengan partner negara sahabat yang telah berjalan, “tujuannya untuk meyakinkan manfaat dari kerjasama tersebut bagi Bakamla”, pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bakmala RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., menyatakan bahwa, Bakamla RI siap bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan langsung real time menginformasikan kepada Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi situasi keamanan laut Natuna Utara maupun situasi yang berhubungan dengan luar negeri. Bakamla RI akan konsisten hadir sebagai symbol negara di Laut Natuna Utara. “Kami akan selalu komitmen mengikuti apa yang menjadi arahan Kemenlu dan setiap bulan akan kami laporkan situasi yang terjadi di Natuna Utara,”jelas Laksdya TNI Aan Kurnia.

Turut hadir mendampingi Kepala Bakamla RI, Sestama Bakamla RI Laksda Bakamla S. Irawan, M.M., Deputi Informasi, Hukum dan Kerja sama Laksda Bakamla Dade Ruskandar, S.H.,M.H., Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E., Direktur Kebijakan Bakamla Laksma Bakamla Samuel H. Kowaas, M.Sc., Kepala KPIML Bakamla Kolonel Bakamla Ade Prasetia., S.Kel., M.Si (Han)., M.Tr. Hanla dan Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M. Tr. Hanla.