oleh

Bakamla RI beserta Kemensos dan BNPB Salurkan Bansos ke Natuna.

NATUNA, KLIK7TV.CO.ID – Masih termasuk dalam rangkaian Operasi Cegah Tangkal Tahun 2020, Bakamla RI menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) di Selat Lampah, Natuna, Selasa (22/9/2020).

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. menyerahkan langsung bansos kepada masyarakat pesisir yang berada di kawasan Selat Lampah, Natuna. Bansos yang disalurkan, merupakan kerja sama Bakamla RI dengan Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Di sela-sela kesibukannya, Menteri Sosial Juliari P. Batubara beserta jajarannya turut hadir dalam kegiatan ini. Hal ini menambah khidmat dan memperdalam makna pemberian bansos kepada masyarakat pesisir di Natuna. Menteri Juliari juga turun tangan untuk secara langsung memberikan bansos kepada masyarakat.

Tidak hanya bahan kebutuhan pokok, paket bansos juga terdiri dari peralatan kesehatan yang esensial kebutuhannya di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Peralatan kesehatan itu seperti alat rapid test antigen, alat pelindung diri (APD), masker kain, face shield, pelindung sepatu, dan kaca mata.

Dalam sambutannya, Kepala Bakamla RI mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud sinergisme kementerian/lembaga pemerintah dalam menjamin kesejahteraan dan keamanan masyarakat khususnya di wilayah Natuna. “Bakamla akan terus hadir di wilayah Natuna”, pungkas jenderal TNI AL berbintang tiga ini.

Demikian juga, Menteri Juliari mengatakan bahwa kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah terhadap Natuna. “Kemensos hadir mendukung kesejahteraan sosial masyarakat Natuna” mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan Covid-19 kepada masyarakat dengan menggunakan rapid test antigen swab, yang merupakan bantuan dari BNPB. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim kesehatan KN Pulau Nipah – 321 Bakamla RI.

Perlu diketahui KN Pulau Nipah – 321 ini merupakan kapal Bakamla RI yang berhasil mengusir kapal China Coast Guard beberapa waktu yang lalu. Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, KN Pulau Nipah – 321 sedang melaksanakan Operasi Cegah Tangkal 2020 Bakamla RI. Kesempatan berada di daerah terluar ini lah yang dimanfaatkan oleh Bakamla RI untuk turut serta membantu distribusi bansos dari Kemensos dan bantuan kesehatan (bankes) dari BNPB.

Awak KN Pulau Nipah – 321 juga memberikan penyuluhan dan membagikan leaflet tentang pentingnya menjaga kesehatan, kebersihan diri, dan pemberlakuan kebiasaan pada masa new normal ini.

Natuna merupakan salah satu daerah yang diprioritaskan dalam gugus Zona Maritim Barat. Rencananya, bansos akan disalurkan ke 14 desa yang berada di 4 kecamatan di Kabupaten Natuna.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si., beserta jajaran FKPD Kabupaten Natuna ini berlangsung dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.@Red