oleh

Komunitas Gowes Antar Tugas Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting SIK ke Kalimantan Timur

-Polri-42 views

KALTENG, KLIK7TV.CO.ID – Ratusan goweser (pendayung sepeda) yang terdiri dari beberapa komunitas sepeda di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Kalteng, melakukan gowes bersama dalam rangka perpisahan mengantar tugas Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting SIK, Minggu (9/8/2020).

Gowes dimulai dari Bundaran Pancasila dengan rute Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting bersama Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Didik Setiya Nugroho dan Dandim 1014/PBN Letkol Arh Drajat Tri Putro berkesempatan memberikan sembako kepada petugas kebersihan.

Kemudian gowes dilanjutkan menuju Kumai hingga kembali lagi finish di Bundaran Pancasila Pangkalan Bun dengan acara pembagian doorprize dan pelepasan balon udara.

Kapolres Kobar AKBP Dharma Ginting putra Karo kelahiran di Deli Serdang,Sumut yang memperisterikan dr Hawila Adelita br Bukit MKes dan telah dikaruniai dua putra menuturkan, ia mengapresiasi kegiatan bersepeda santai bersama komunitas sepeda yang ada di Kotawaringin Barat untuk mengantar tugasnya di tempat yang baru di Polda Kalimantan Timur.

“Inilah bentuk solidaritas kita di Pangkalan Bun dan bentuk sinergitas kita dengan seluruh komponen masyarakat, TNI-Polri dan komunitas gowes bersama dalam rangka mengantar tugas saya yang baru,” ujar Dharma.

Dikatakannya, kegiatan sepeda santai ini juga memberikan manfaat bagi masyarakat dengan memberikan sembako terutama bagi yang berprofesi sebagai petugas kebersihan.”Ini juga sebagai wujud kepedulian kita di masa pandemi, jadi semua kegiatan yang kita lakukan, tetap mengacu pada protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pendiri komunitas Go-Rame Kobar Padli Noor menyampaikan, lebih dari 10 komunitas sepeda di Kabupaten Kobar ikut bergabung dalam kegiatan hari ini bersama Kapolres Kobar, Dandim dan Danlanud Iskandar Pangkalan Bun.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi inisiasi untuk siapapun yang ingin memajukan kegiatan bersepeda di Pangkalan Bun. Kita berharap jangan cuma event seperti ini saja yang digaungkan, kalau bisa ada rutinitas 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali, sehingga mengajak masyarakat untuk mencintai olahraga bersepeda,” tutur Padli.

AKBP E Dharma B Ginting, yang juga mantan Kapolres Katingan dan 8 bulan bertugas di Polres Kobar, awal Agustus 2020 AKBP Dharma Ginting dipromosikan dan ditugaskan di Polda Kalimantan Timur (Kaltim).

AKBP Dharma Ginting yang masih muda dan energik ini, selama bertugas di dua Polres itu ternyata berjiwa kreatif dengan ide-ide barunya yang inovatif, sehingga membuahkan prestasi yang menjadi inspirasi bagi anggota Polri dan masyarakat.

Dengan prestasinya itulah, AKBP Dharma Ginting dinilai atasannya untuk dipromosikan dengan mendapat jabatan baru sebagai Kepala Bagian Pembinaan Karier Staf Sumber Daya Manusia (Kabag Binkar SSDM).

Dharma Ginting telah menorehkan prestasinya pada jalur intitusinya, sehingga programnya viral dan tembus ke berbagai sektor kemasyarakatan.

Contoh prestasinya, yang menjadi perhatian khusus Kapolda Kalteng yakni, Kapolres kerjasama dengan Kodim 1014 Pangkalan Bun menginisiasi Rumah Aman Lingkungan Bhabinkamtibmas dan Babinsa (Ali Baba). Selain itu, mendapat piagam penghargaan dari Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait dalam penghargaannya menyatakan, reward tersebut pantas diterima Polres Kobar yang dalam catatan pihaknya sepanjang tahun 2020 telah sukses menangani 17 kasus tindak pidana anak di bawah umur, baik anak sebagai korban.

Menyusul kemudian dapat piagam penghargaan Kak Seto Award 2020 dari Yayasan Kazeto Putra Perkasa (YKPP) karena dedikasi dan konsistennya dalam pengungkapan kasus kejahatan terhadap anak dan Kapolres pejuang hak anak. Juga ide-ide baru Kapolres Kobar Dharma Ginting, di saat pandemi Covid 19, selain berbagai kegiatan telah banyak dicurahkan kepada masyarakat seperti sosialisasi Covid-19 dan pembagian sembako serta obat-obatan, di enam kecamatan.

Kemudian untuk menindak lanjuti imbauan tentang virus corona kepada masyarakat, Kapolres bersama anggotanya langsung mendirikan sebuah band, yakni ‘Justice Band Polres Kobar’, dan berhasil mengorbitkan sebuah lagu berjudul , “Creat A Strong Body Againts Corona”, yang rekamannya sudah viral dan tayang ke ‘Manca negara’ melalui YouTube.

Bahkan pada Hut Bhayangkara Ke 74, saat ditayang di Kompas TV sempat ‘ngetop’ di seluruh Indonesia.

Dan program khusus yang digagas Kapolda Kalteng, yakni giat Lomba Desa Pantang Mundur alias Lewu Isen Mulang, yang diikuti seluruh Desa se-Provinsi Kalteng, akhirnya Desa Pangkalan Satu Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, yang dibina Polres Kobar berhasil meraih Juara Pertama.

Terakhir merpersembahkan video klip terbaru “Justice band” Polres Kotawaringin Barat yang berisi himbauan tentang hentikan membakar hutan dan lahan.(Dame)

Teks foto:AKBP Dharma Ginting SIK dan isteri dr Hawila Adelita Bukit MKes