oleh

Bupati Tapteng buka TMMD ke -108 Tahun 2020, Wilayah Kodim 0211/ TT

-Berita-38 views

SIBOLGA, KLIK7TV.CO.ID – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani buka acara Tentara Nasional Indonesia Manunggal Desa (TMMD) ke-108 Tahun Anggaran (TA) 2020 di wilayah Kodim 0211/Tapanuli Tengah, yang dihadiri : mewakili Komandan Korem 023/Kawal Samudera Mayor Inf. H. Gultom, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Nicolas Dedy Arifianto, S.I.K.,M.H., Kajari Sibolga Hendri Nainggolan, SH, MH, Dansatrad 234/Pandan an. Letkol Lek Damardita Hiranda, Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, SH, Pimpinan OPD Tapteng, Camat Sosorgadong, dan jajaran Kodim 0211/TT, bertempat di Ruang Data Makodim 0211/TT, di Jalan Sisingamangaraja Kota Sibolga, Selasa (30/06/2020).

Program TMMD ke-108 ini mengusung tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan sambutan setelah menandatangani Berita Acara Serah Terima Program TMMD ke-108 TA 2020 bersama dengan Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex dan disaksikan oleh Forkopimda Tapanuli Tengah dan seluruh peserta yang hadir. Selanjutnya, Bupati Tapanuli Tengah menyerahkan Berita Acara tersebut kepada Dansatgas, yaitu Dandim 0211/TT.

Kata sambutan yang disampaikan Bupati Tapteng : “” Ijinkan kami Bupati Tapanuli Tengah tadi sudah menandatangani Berita Acara Serah Terima Program TMMD ke-108 tahun anggaran 2020 kepada Dansatgas di Kecamatan Sosorgadong. Program TMMD ini menghubungkan jalan dari Desa Baringin menuju Hutatombak. Beberapa hari yang lalu, kami telah meninjau pembangunan Jalan Hotmix di Kecamatan Pasaribu Tobing menuju Kecamatan Sosorgadong. Target kita, tahun 2022 sudah tersambung jalan antara Kecamatan Sosorgadong dengan Kecamatan Pasaribu Tobing, yang dulunya, sepeda motor pun tidak lewat,” kata Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Kami berterim kasih kepada Dandim 0211/TT dan jajaran atas kerjasama yang baik selama ini dan yang akan datang. Kami berharap kerjasama ini tetap dipertahankan. Program TMMD ini tahun depan bisa ditampung pada APBD tahun 2021. Kita berharap, pada tahun 2022, ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Pasaribu Tobing dengan Kecamatan Sosorgadong akan diaspal hotmix. Otomanis hasil hasil panen masyarakat tidak dibawa lagi berhari-hari, akan lebih cepat aksesnya, tidak lagi dibawa kalau hujan tidak turun.,” tutur Bupati Tapanuli Tengah.

“Di Kecamatan Sosorgadong, kita sudah sertifikatkan tanah masyararakat kurang lebih 2.000 Kepala Keluarga (KK-red), masing-masing KK seluas 2 hektare dan lahan tersebut sudah atas nama masing-masing masyarakat. Jadi, masyarakat dapat mengolah lahannya semisal menjadi perkebunan plasma, Pengusaha sudah kita datangkan dan pengusaha telah membantu modal untuk usaha desa, BUMDes pada saat kami pertama jadi Bupati Tapanuli Tengah,” jelas Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani juga menjelaskan dengan perkebunan plasma maka bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani kebun karena sistemnya plasma bukan milik sendiri perusahaan.

Sebelumnya, Dandim 0211/TT dalam laporannya menjelaskan tujuan pelaksaan TMMD.

“Tujuan kegiatan TMMD ini adalah sebagai wujud kepedulian Kodim 0211/TT dalam membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meliputi bidang fisik dan non fisik, maupun membantu percepatan pembangunan dan terwujudnya sasaran-sasaran Binter guna memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat di wilayah Kodim 0211/TT untuk didayagunakan bagi kepentingan pertahanan negara aspek darat,” kata Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex.

Sasaran Fisik TMMD ke-108 ini meliputi meningkatnya kesejahteraan masyarakat di wilayah terisolir dengan terbukanya jalan yang menghubungkan Desa Baringin menuju Desa Huta Tombak Kecamatan Sosorgadong, Tapteng melalui pembukaan badan jalan baru sepanjang 3,900 m dengan lebar 8 m, rehabilitasi jalan sepanjang 1.650 m dengan lebar 8 m, pembuatan jembatan sementara 7 unit yaitu 1 unit (3 m x 4 m), 1 unit (6 m x 4 m), 1 unit (5 m x 4 m), 1 unit (16 m x 4 m), 1 unit (8 m x 4 m), 1 unit (12 m x 4 m), dan 1 unit (6 m x 4 m).

Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex juga menyebutkan sasaran non fisik kegiatan ini adalah terlaksananya Sosialisasi bahaya wabah Covid-19 dalam sendi kehidupan masyarakat luas dan sosialisasi serta edukasi peningkatan disiplin masyarakat dalam rangka adaptasi kebiasaan baru (AKB) hidup di tengah wabah Covid-19. Jelasnya. @(An-Bpt)