oleh

Danseskoau : Pengalaman Menyusun Rentinkon Tingkatkan Kemampuan Pasis

-TNI AU-21 views

BANDUNG, KLIK7TV.CO.ID – “Pengalaman secara langsung menyusun rencana tindakan kontinjensi (Rentinkon) di Koopsau II, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan Perwira siswa (Pasis),” ujar Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., saat membacakan sambutan Komandan Seskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., dalam acara penutupan Kuliah Kerja II Penyusunan Rentinkon di gedung serbaguna Suryadi Suryadarma, Makoopsau II, Makassar. Kamis (25/06/2020).

Selama tiga hari melaksanakan kuliah kerja, Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 dinilai telah membentuk team work yang baik, komunikatif dalam menyusun suatu perencanaan sehingga aspek akademis, aspek operasional dan aspek latihan telah tercapai. ”Saya memberikan penilaian yang baik terhadap kajian dan analisa yang telah kalian buat untuk merencanakan tindakan kontinjensi di wilayah Koopsau II,” ujarnya.

Tentunya keberhasilan mendapatkan penilaian yang baik tidak akan tercapai tanpa peran serta Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.IP., Kas Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro dan seluruh perwira staf Koopsau II kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-57. Untuk itu, lanjutnya, mewakili civitas akademika Seskoau, Komandan Seskoau melalui Wadan Seskoau menyampaikan terima kasih kepada Pangkoopsau II beserta staf yang telah menerima kedatangan Seskoau beserta rombongan dan mendukung menfasilitasi pelaksanaan Kuliah Kerja II Penyusunan Rentinkon sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar tanpa kendala berarti.

Menanggapinya, Pangkoopsau II mengatakan secara umum kuliah kerja telah berlangsung lancar dan mencapai sasaran yang diinginkan Seskoau, namun Pasis diharapkan tidak cepat berpuas diri dengan hasil yang dicapai. ”Pelihara dan kembangkan pengetahuan yang telah diperoleh, sekaligus evaluasi setiap kegiatan untuk mengukur kemampuan diri masing-masing Pasis,” ujarnya untuk melihat sejauh mana implementasi materi yang telah diberikan mengenai penyusunan Rentinkon Kotama Operasi TNI hingga menjadi rumusan kegiatan operasional yang terkoordinasi dan terpadu dalam menghadapi ancaman yang diperkirakan menjadi willayah tanggung jawabnya.

Salah satu ancaman nyata dan tidak diprediksi saat ini, kata Pangkoopsau II, pandemi Covid-19 yang mengharuskan seluruh negara secara global mengubah tatanan kehidupan menuju new normal, salah satunya Indonesia. ”Ini merupakan ancaman nyata, sehingga kita semua harus up to date tentang segala aspek ancaman untuk keutuhan NKRI,” ujarnya sekaligus memotivasi Pasis Seskoau Angkatan Ke-57.

”Tidak terasa kuliah kerja Pasis di Koopsau II telah berakhir, terima kasih telah menjadikan Koopsau II sebagai tempat menimba ilmu dan teruslah belajar,” ungkapnya karena apabila Pasis telah mempersiapkan diri sedini mungkin, sehingga apabila dihadapkan suatu operasi maka sudah siap secara mental untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dipersiapkan. Sebelum kuliah kerja ini dinyatakan selesai, Pasis Sekoau Angkatan Ke-57 memaparkan hasil penyusunan Rentinkon dihadapan para pejabat Makoopsau II dan Seskoau, dilanjutkan penyerahan naskah Rentinkon Koopsau II Tahun 2021, kemudian penyerahan cinderamata.

Dengan menerapkan physical distancing dan tatanan kehidupan normal yang baru, acara penutupan kuliah kerja ini dihadiri Kas Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro, Asren Kaskoopsau II Kolonel Pnb Atang Sudrajat, Aslog Kaskoopsau II Kolonel Tek I Nyoman Suryawan, Aspotdirga Kaskoopsau II Kolonel Pom Muhammad Nur, Danpom Koopsau II Kolonel Pom Bambang Susilo Utomo, Kalambangja Koopsau II Kolonel Pnb Agus Mulyadi, Dirjian Air Power Seskoau Kolonel Pnb Joko Triwibowo, Kapusoyu Seskoau Kolonel Pnb Dedy Ilham S. Salam, S.Sos., Kadep Jemen Seskoau Kolonel Tek Tumpal Silitonga, S.Sos., M.M., para Dosen dan Patun Seskoau serta pejabat Makoopsau II.@Red