oleh

Tak Miliki SIKM, Pengendara Arah Jakarta Diminta Putar Balik Petugas

-Berita-5 views

JAKARTA,  KLIK7TV.CO.ID – Perjalanan pengendara dari Kota Bekasi, Jawa Barat menuju Jakarta yang dilewati Jalan Bekasi Raya Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, berusaha harus berputar ke belakang.

Camat Cakung, Ahmad Salahudin, mengatakan, bagi pengendara luar DKI Jakarta yang ingin ke DKI Jakarta tetapi tidak mengantongi Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) agar berputar.

Hal itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 warga Jakarta saat keluar kawasanJabodetabek dan penduduk dari luar Jabodetabek saat masuk ke Jakarta harus menunjukkan SIKM Wilayah Provinsi DKI Jakarta. dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit Virus Corona ( COVID-19) .

“Petugas kita siagakan. Jadi bagi warga di luar ibu kota dan tidak memiliki SIKM selama PSBB berlangsung kita meminta putar balik,” kata Ahmad, saat bepergian, Rabu (27/5/2020).

Dalam kegiatan Rabu, mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB, sebanyak 43 kendaraan roda dua dan 13 kendaraan roda empat berputar belakang karena ber-KTP luar Jabodetabek dan tidak memiliki SIKM.

Ia pun menjelaskan, SIKM merupakan layanan administrasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terhadap seluruh warga sebagai legalitas untuk melakukan perjalanan keluar atau masuk ke wilayah DKI Jakarta selama pandemi COVID-19.

Dengan itu, Ia meminta kepada seluruh warga DKI Jakarta agar dapat menangani SIKM Jakarta melalui PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di kelurahan atau secara online melalui situs web web corona.jakarta.go.id.

“Petugas akan melarang ketat SIKM ini. Utamanya di tempat perbatasan wilayah Jakarta,” pungkasnya. @(ANTO)