oleh

Dibagi 3 Tahap, PPDB SMA/SMK se Sumut Dibuka 26 Mei 2020

-Pendidikan-68 views

MEDAN, KLIK7TV.CO.ID –  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem online dan siswa peserta bisa mendaftarkan dari rumah saja memakai HP android untuk semua calon peserta didik baru pada Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan dilakukan mulai 26 Mei 2020 ini.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Kadisdiksu) Dr Arsyad MM didampingi Sekretaris PPDB Disdiksu Drs Saut Aritonang MA kepada wartawan, Minggu (17/5) mengatakan setiap calon peserta didik hanya diperbolehkan mendaftar di satu jalur pendaftaran.

Pada saat mendaftar melalui online/daring dengan android calon peserta didik SMAN dan SMKN dari tempat dimana siswa berdomisili, mengisi data form registrasi dan meng_upload beberapa dokumen seperti, Kartu Keluarga (KK), Nilai Raport Sem 1-5 bagi pendaftar prestasi akademik dan SMKN, KIP/PKH/Surat Kadis Sosial Kab/Kota ttg pengguna bantuan sosial tapi blm ada kartu bagi pendaftar afirmasi.

Sertifikat/piagam juara bagi pendaftar prestasi non akademik, SK Perpindahan tugas bagi pendaftar jalur pindah tugas orangtua, SK Orangtua sebagai Guru mengajar di sekolah setempat bagi pendaftar jalur anak guru sekolah setempat.

Kemudian menandatangani Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTM) mutlak pada halaman terakhir form registerasi. Khusus calon peserta didik yang mengikuti seleksi jalur prestasi akademik wajib memiliki nilai rata-rata raport semester 1-5, minimal rata-rata 75.00.

Lanjut Arsyad, jalur pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru setempat, prestasi akademik dan prestasi non akademik. Jalur zonasi 50% dari daya tampung sekolah. Jalur afirmasi 15%, jalur perpindahan 5% dan jalur prestasi akademik dan non akademik 30%.

Waktu dan tempat Pendaftaran PPDB Online bagi SMAN dan SMKN sebagai berikut Tahap I mulai 26 – 29 Mei 2020 di Cabdis Gunungsitoli (Gunung Sitoli, Nias, dan Nias Barat). Cabdis Teluk Dalam (Nias Selatan dan Nias Utara).

Cabdis Sibolga (Sibolga dan Tapanuli Tengah), Cabdis Padangsidimpuan (Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal). Cabdis Gunung Tua (Padang Lawas dan Padang Lawas Utara) dan Cabang Humbahas (Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara).

Tahap II mulai 30 Mei – 2 Juni 2020 di Cabdis Balige (Toba Samosir dan Samosir), Cabdis Rantau Prapat (Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan), Cabdis Kisaran (Asahan dan Batubara), Cabdis Tanjung Balai (Tanjung Balai dan Labuhan Batu Utara).

Cabdis Siantar (Pematang Siantar dan Simalungun), Cabdis Kabanjahe (Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat) dan Cabdis Sergei (Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai).

Tahap III mulai 3 – 8 Juni 2020 di Cabdis Stabat (Binjai dan Langkat), Cabdis Medan Utara (Kota Medan, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Medan Utara), Cabdis Medan Selatan (Kota Medan, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Medan Selatan), Cabdis Lubuk Pakam (Deli Serdang, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Lubuk Pakam) dan Cabdis Sunggal (Deli Serdang, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Sunggal).

Tambah Plt Kadisdiksu, pendaftaran peserta jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur perpindahan dan jalur afirmasi sesuai kabupaten/kota wilayah kerja Cabdis Pendidikan ditetapkan 26 Mei – 8 Juni 2020, Pengumuman Hasil Seleksi 10 Juni 2020 serta verifikasi data dan pendaftaran ulang yang lulus seleksi pada 11  – 16 Juni 2020.

Sementara pendaftaran peserta khusus jalur zonasi termasuk siswa yang tidak lulus  melalui Jalur prestasi akademik dan non akademik, jalur perpindahan dan jalur afirmasi pada 19 – 27 Juni 2020, pengumuman Hasil Seleksi 29  Juni 2020 serta verifikasi data dan pendaftaran ulang yang lulus seleksi pada 30 Juni – 6 Juli 2020. Posko pengaduan PPDB Online Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera UtaraTahun Pelajaran 2020/2021 dialamatkan ke email  ppdbsumut@gmail.com @Mp